Edukasi Kesadaran Bahaya Kecanduan Game Online dan Dampaknya terhadap Perilaku Keagamaan Siswa
Kata Kunci:
Pembelajaran Berbasis Proyek, Perilaku Siswa, Permainan Daring, Proyek Sosial, Studi KeagamaanAbstrak
Perkembangan teknologi saat ini berlangsung secara masif dan pesat, disertai dengan penggunaan internet yang semakin tidak terbatas, sehingga memunculkan berbagai produk teknologi, salah satunya adalah permainan daring (online games). Permainan ini memiliki dampak positif maupun negatif bagi para pemainnya. Permainan daring adalah jenis permainan yang menggunakan smartphone atau media digital lain yang terhubung melalui internet, umumnya melibatkan banyak pemain secara bersamaan dan memungkinkan komunikasi real-time antar pemain. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan informasi dan meningkatkan kesadaran siswa tentang bahaya kecanduan permainan daring serta dampaknya terhadap perilaku keagamaan mereka. Kegiatan dilaksanakan menggunakan pendekatan pendidikan teman sebaya (peer education) melalui metode ceramah, diskusi, evaluasi, dan refleksi terhadap pengaruh permainan daring terhadap perilaku siswa. Hasil kegiatan PkM menunjukkan bahwa edukasi yang dilakukan berhasil meningkatkan kesadaran siswa mengenai dampak permainan daring. Siswa mampu merefleksikan pengaruh permainan tersebut terhadap perilaku mereka, termasuk dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, orang tua, dan guru, sehingga menyadari dampak signifikan permainan daring terhadap sikap dan tindakan mereka.Unduhan
Diterbitkan
2024-12-15
Cara Mengutip
Hadiani, Z., Nova Winda Triyani, Hidayatun Nikmah, Muna Muliatul Qamari, Bq. Bunga Rahayu C.N., Ilham Sanubari, … Agus Kurnia. (2024). Edukasi Kesadaran Bahaya Kecanduan Game Online dan Dampaknya terhadap Perilaku Keagamaan Siswa. DARMADIKSANI, 4(2), 96–105. Diambil dari https://journal.unram.ac.id/index.php/darmadiksani/article/view/5719
Terbitan
Bagian
Articles