Pelatihan Media Pembelajaran Canva sebagai Pendukung Program Digitalisasi di MTS Assalafiyyah Mlangi Yogyakarta

Penulis

Riska Anintyawati , Dewi Masithoh

DOI:

10.29303/darmadiksani.v2i2.2018

Diterbitkan:

2022-12-15

Terbitan:

Vol 2 No 2 (2022): Edisi Desember

Kata Kunci:

Aplikasi Canva, Digitalisasi, Media pembelajaran

Articles

Cara Mengutip

Anintyawati, R., & Masithoh, D. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Canva sebagai Pendukung Program Digitalisasi di MTS Assalafiyyah Mlangi Yogyakarta. DARMADIKSANI, 2(2), 117–125. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v2i2.2018

Abstrak

ABSTRAK Pelatihan pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Canva ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar agar lebih kreatif dan innovatif serta melatih guru-guru agar memiliki keterampilan dalam pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi Canva. Pelatihan media pembelajaran yang diberikan adalah editing video dan power point menggunakan aplikasi Canva untuk guru kelas delapan di di MTs. Assalafiyyah Mlangi Yogyakarta. Metode kegiatan pengabdian dimulai dari perencanaan, observasi, persiapan, dan pelaksanaan kegiatan, serta evaluasi kegiatan. Program pengabdian dilaksanakan pada bulan Desember 2021 sampai dengan Februari 2022. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah guru dapat membuat media pembelajaran berupa video atau power point presentation menggunakan aplikasi Canva. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan guru menjadi lebih kreatif dan innovatif dalam membuat media pembelajaran sehingga dapat mendukung program digitalisasi yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Assalafiyyah Yogyakarta.   ABSTRACT The aim of this Canva application-based instructional media development training is to enhance the teachers' competence in teaching, enabling them to be more creative and innovative. Additionally, the training aims to equip the teachers with the skills to develop instructional media using the Canva application. The training focuses on video editing and PowerPoint presentation using Canva for eighth-grade teachers at MTs. Assalafiyyah Mlangi Yogyakarta. The program method began with planning, observation, preparation, implementation, and evaluation. The program took place from December 2021 to February 2022. The outcome of this service activity is that teachers are now capable of creating instructional media in the form of videos or PowerPoint presentations using the Canva application. Through this training, it is expected that teachers will become more creative and innovative in designing instructional media, which will, in turn, support the digitalization program organized by Pondok Pesantren Assalafiyyah Yogyakarta.

Biografi Penulis

Riska Anintyawati, Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta, Indonesia

Dewi Masithoh, Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta, Indonesia

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.