Penguatan Seni Rupa bagi Anak Usia Dini melalui Pembuatan Batik Shibori

Authors

Naili Rohmah , Ali Formen , Sri Sularti Dewanti Handayani , Muhammad Luthfan Hawali , Alyna Salsabila , Alya Marsha Andini , Shabrina Salsabila Putri Ramskhi

DOI:

10.29303/darmadiksani.v5i2.7863

Published:

2025-08-22

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2025): Edisi Juli-September

Keywords:

Anak Usia Dini, Batik, Shibori

Articles

Downloads

How to Cite

Rohmah, N., Formen, A., Handayani, S. S. D., Hawali, M. L., Salsabila, A., Andini, A. M., & Ramskhi, S. S. P. (2025). Penguatan Seni Rupa bagi Anak Usia Dini melalui Pembuatan Batik Shibori. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 5(2), 12–20. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i2.7863

Abstract

Kegiatan membatik masuk pada ranah seni rupa, yang mana kegiatan ini sama sekali belum pernah dilaksanakan di RA Al Asror. Beberapa kegiatan seni rupa yang pernah dilaksanakan di RA Al Asror antara lain finger print, finger painting, menggambar, mewarnai, mencetak, menjiplak, dan kolase. Permasalahan mitra dikerucutkan pada bidang pendidikan sebagai masalah utama yang perlu dituntaskan. Adapun fokus permasalahan mitra adalah belum dikenalkannya aktivitas seni rupa secara konret.  Permasalahan mitra dituntaskan melalui kegiatan membatik dengan teknik shibori. Shibori merupakan salah satu teknik dalam membuat batik yang dapat diterapkan pada anak usia dini. Guna memudahkan pelaksanaan kegiatan pengabdian bersama mitra, tim pelaksana pengabdian menyusun buku panduan pembuatan batik dengan teknik shibori bagi anak usia dini. Buku ini memuat berbagai alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan batik shibori, jenis-jenis batik shibori, tahap pembuatan batik shibori, dan beberapa alternatif karya yang dapat dibuat dari batik shibori. Terdapat beberapa tahapan dalam mengimplementasikan kegiatan pengabdian yaitu tahap sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, serta pendampingan dan evaluasi. Simpulan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan bahwa kegiatan membuat batik dengan teknik shibori dapat menguatkan seni rupa pada anak usia dini. Pendidik dan peserta didik RA Al Asror mendapatkan pengalaman dan penguatan dalam membuat batik menggunakan teknik shibori.

Author Biographies

Naili Rohmah, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Ali Formen, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Sri Sularti Dewanti Handayani, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Muhammad Luthfan Hawali, Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Alyna Salsabila, Akuntansi, FEB, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Alya Marsha Andini, Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Shabrina Salsabila Putri Ramskhi, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.