Maksimalisasi Penggunaaan Flash Card untuk Penguatan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SMP Pinggiran di Kota Mataram

Authors

Santi Farmasari , Mahyuni , Baharuddin , Lalu Ali Wardana , Ahmad Junaidi

DOI:

10.29303/darmadiksani.v1i1.90

Published:

2021-06-17

Issue:

Vol. 1 No. 1 (2021): Edisi Juni

Keywords:

Flash card, Kosakata bahasa Inggris, Maksimalisasi, Modifikasi

Articles

Downloads

How to Cite

Farmasari, S., Mahyuni, Baharuddin, Wardana, L. A., & Junaidi, A. (2021). Maksimalisasi Penggunaaan Flash Card untuk Penguatan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SMP Pinggiran di Kota Mataram. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 1(1), 78–88. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v1i1.90

Abstract

ABSTRAK Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa SMP/MTs pinggiran di Kota Mataram melalui maksimalisasi penggunaan flash cards. Peningkatan penguasaan kosakata yang dimaksud dalam program pengabdian ini (1) penguasaan jenis kata dalam Bahasa Inggris, (2) makna kosakata dan (3) penggunaannya dalam konteks yang lebih luas seperti penggunaan kosa kata dalam kalimat untuk tujuan komunikasi lisan dan tulisan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di sebuah SMP/MTs di daerah pinggiran di Kota Mataram. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam tiga tahapan: (1) tahap pengamatan, (2) tahap pengajaran, dan (3) tahap evaluasi. Luaran yang diharapkan dari program Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah (1) peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa; (2) model modifikasi dan maksimalisasi penggunaan flash card untuk memperkenalkan dan memperkuat penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa.           ABSTRACT This community service program was aimed at improving junior high school students’ English vocabulary mastery through the optimization of flashcards. The improvement of the students’ vocabulary mastery was limited to (1) types of speech, (2) words meanings, and (3) using vocabulary in contexts, i.e., in sentences for verbal and written communication. The program was conducted in a junior high school at the outskirt area of Mataram city, and the activities were arranged into three stages: (1) observation, (2) teaching and learning, and (3) evaluation. The outcomes of this program are (1) vocabulary mastery improvement and (2) models of flashcard modifications to introduce and improve students’ English vocabulary.

Author Biographies

Santi Farmasari, English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia

Mahyuni, English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia

Baharuddin, English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia

Lalu Ali Wardana, English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia

Ahmad Junaidi, English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 

You may also start an advanced similarity search for this article.