Sosialisasi Literasi Digital di Komunitas Baca Lumbung Literasi

Authors

Baiq Wahidah , Marlinda Ramdhani , Wika Wahyuni

DOI:

10.29303/darmadiksani.v2i2.1953

Published:

2022-12-15

Issue:

Vol. 2 No. 2 (2022): Edisi Desember

Keywords:

Komunitas literasi, Literasi digital, Sosialisasi

Articles

Downloads

How to Cite

Wahidah, B., Ramdhani, M., & Wahyuni, W. (2022). Sosialisasi Literasi Digital di Komunitas Baca Lumbung Literasi. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 2(2), 70–78. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v2i2.1953

Abstract

ABSTRAK Literasi merupakan salah satu elemen penting dalam menunjang perubahan sistem kehidupan manusia, terutama anak-anak, dalam rangka mempersiapkan kehidupan yang lebih baik. Adanya ketersediaan bahan bacaan, terutama dalam bentuk buku-buku yang relevan dengan usia perkembangan anak-anak merupakan salah satu media yang mampu menunjang perubahan masyarakat agar menjadi manusia yang literat. Seiring perkembangan zaman, terutama dengan adanya arus digitalisasi, memberikan indikasi bagi masyarakat agar memiliki pemahaman tentang konsep literasi pada ranah digital. Namun minimnya ketersediaan buku-buku bacaan tentang literasi, terutama literasi digital, membuat masyarakat kurang memiliki pemahaman tentang konsep tersebut. Masyarakat modern, terutama anak-anak, lebih cenderung memanfaatkan alat digital untuk hal-hal yang kurang bermanfaat bagi kehidupannya. Oleh karena itu, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan prosedur sosialisasi literasi digital di komunitas baca Lumbung Literasidan; (2) menjelaskan kendala yang ditemukan dalam kegiatan sosialisasi literasi digital di komunitas baca Lumbung Literasi. Kegiatan PKM ini dilakukan secara luring (tatap muka) dengan fokus sasaran yaitu anak-anak jenjang SD dan SMP yang seringkali mengunjungi komunitas baca Lumbung Literasi di Dusun Selojan, Desa Karang Sidemen, Kecamatan Batukliang Utara, dengan jumlah 24 (dua puluh empat) orang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu ceramah, demonstrasi, dan diskusi. Terdapat tiga hasil dari pengabdian ini, yaitu kegiatan ini berlangsung baik, dapat memberikan wawasan kepada peserta tentang literasi digital, dan memberikan wawasan kepada peserta untuk dapat memanfaatkan peralatan digital dengan bijaksana.   ABSTRACT Literacy is an important element in supporting changes in the human life system, especially children, in order to prepare for a better life. The availability of reading materials, especially in the form of books that are relevant to the age of children's development is one of the media that can support changes in society so that they become literate human beings. Along with the times, especially with the current digitalization, it gives an indication for the public to have an understanding of the concept of literacy in the digital realm. However, the lack of availability of reading books on literacy, especially digital literacy, makes people lack an understanding of this concept. Modern society, especially children, tend to use digital tools for things that are less useful for their lives.explain the procedures for disseminating digital literacy in the reading community LiterasiLumbung and (2) explain the obstacles found in digital literacy socialization activities in the Lumbung Literasi reading community. This P2M activity was carried out offline (face to face) with a target focus on elementary and junior high school level children who often visited the Literacy Barn reading community in Selojan Hamlet, Karang Sidemen Village, North Batukliang District, with a total of 24 (twenty four) people. The methods used in this activity are lectures, demonstrations and discussions. There are three results from this dedication, namely this activity went well, was able to provide insight to participants about digital literacy, and provided insight to participants to be able to use digital equipment wisely.

Author Biographies

Baiq Wahidah, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, University of Mataram, Indonesia

Marlinda Ramdhani, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, University of Mataram, Indonesia

Wika Wahyuni, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, University of Mataram, Indonesia

Most read articles by the same author(s)