Main Article Content

Muhammad Zulfadhli
Haris Hamdani
Ferawaty Puspitorini

Abstract

ABSTRAK
Bahasa merupakan wahana komunikasi bagi manusia, baik komunikasi lisan maupun komunikasi tulis. Setiap komunikasi, khususnya komunikasi tertulis, dibutuhkan kalimat-kalimat yang baik. Kalimat yang baik erat kaitannya dengan penggunaan kalimat efektif. Berdasarkan fenomena yang terjadi akhir- akhir ini ditemukan bahwa produktivitas guru masih rendah dalam menyampaikan ujaran menggunakan kalimat efektif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan agar para guru di RA Bani Barun Majalengka dapat memahami dan menerapkan kalimat efektif pada Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Metode pelaksanaan pelatihan ini terdiri dari empat tahap diantaranya kegiatan sosialisasi, pengenalan kalimat efektif, pelatihan kalimat efektif, dan praktik penerapan kalimat efektif. Hasil kegiatan ini yaitu kompetensi guru mengenai penerapan kalimat efektif meningkat. Hal ini tergambar dari partisipasi aktif para guru dalam menyimak materi, diskusi, dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh narasumber. Selain itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini juga tergolong berhasil karena sesuai dengan tahapan-tahapan pelaksanaan yang telah ditentukan. Adapun tindak lanjut dari kegiatan ini adalah pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat kembali dengan pola paragraf dan pengembangan paragraf pada bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
 
ABSTRACT
Language is a means of communication for humans, both oral communication and written communication. Every communication, especially written communication, requires good sentences. Good sentences are closely related to the use of effective sentences. Based on the phenomenon that has occurred recently, it was found that teacher productivity is still low in conveying utterances using effective sentences. This community service program aims to enable teachers of RA Bani Barun Majalengka to understand and apply effective sentences in both Indonesian and English. The method of implementing this training consists of four stages including socialization activities, introduction to effective sentences, training of effective sentences, and practice of applying effective sentences. The result of this activity shows that the teacher's competence regarding the application of effective sentences increases evidenced from the teachers’ active participation in listening to the material, discussion, and working on the assignments given by the presenters. In addition, this community service program is classified as successful since it meets the target proposed by the team. The follow-up theme for the next community service program will be paragraph patterns and paragraph development in Indonesian and English.

Article Details

How to Cite
Zulfadhli, M., Hamdani, H., & Puspitorini, F. (2022). Pelatihan Pengetahuan dan Penerapan Kalimat Efektif pada Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris di RA Bani Barun Majalengka. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 2(1), 12-23. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v2i1.1277