Edukasi Kesadaran Bahaya Kecanduan Game Online dan Dampaknya terhadap Perilaku Keagamaan Siswa

Authors

Zulfiya Hadiani , Nova Winda Triyani , Hidayatun Nikmah , Muna Muliatul Qamari , Bq. Bunga Rahayu C.N. , Ilham Sanubari , Khairul Tsani , Agus Kurnia

Published:

2024-12-15

Issue:

Vol. 4 No. 2 (2024): Edisi Desember

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Perilaku Siswa, Permainan Daring, Proyek Sosial, Studi Keagamaan

Articles

Downloads

How to Cite

Hadiani, Z., Nova Winda Triyani, Hidayatun Nikmah, Muna Muliatul Qamari, Bq. Bunga Rahayu C.N., Ilham Sanubari, … Agus Kurnia. (2024). Edukasi Kesadaran Bahaya Kecanduan Game Online dan Dampaknya terhadap Perilaku Keagamaan Siswa. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 4(2), 96–105. Retrieved from https://journal.unram.ac.id/index.php/darmadiksani/article/view/5719

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini berlangsung secara masif dan pesat, disertai dengan penggunaan internet yang semakin tidak terbatas, sehingga memunculkan berbagai produk teknologi, salah satunya adalah permainan daring (online games). Permainan ini memiliki dampak positif maupun negatif bagi para pemainnya. Permainan daring adalah jenis permainan yang menggunakan smartphone atau media digital lain yang terhubung melalui internet, umumnya melibatkan banyak pemain secara bersamaan dan memungkinkan komunikasi real-time antar pemain. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan informasi dan meningkatkan kesadaran siswa tentang bahaya kecanduan permainan daring serta dampaknya terhadap perilaku keagamaan mereka. Kegiatan dilaksanakan menggunakan pendekatan pendidikan teman sebaya (peer education) melalui metode ceramah, diskusi, evaluasi, dan refleksi terhadap pengaruh permainan daring terhadap perilaku siswa. Hasil kegiatan PkM menunjukkan bahwa edukasi yang dilakukan berhasil meningkatkan kesadaran siswa mengenai dampak permainan daring. Siswa mampu merefleksikan pengaruh permainan tersebut terhadap perilaku mereka, termasuk dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, orang tua, dan guru, sehingga menyadari dampak signifikan permainan daring terhadap sikap dan tindakan mereka.

Author Biographies

Zulfiya Hadiani, Prodi Kimia, FMIPA, University of Mataram

Nova Winda Triyani, Prodi Kimia, FMIPA, Universitas Mataram

Hidayatun Nikmah, Prodi Kimia, FMIPA, Universitas Mataram

Muna Muliatul Qamari, Prodi Kimia, FMIPA, Universitas Mataram

Bq. Bunga Rahayu C.N., Prodi Kimia, FMIPA, Universitas Mataram

Ilham Sanubari, Prodi Kimia, FMIPA, Universitas Mataram

Khairul Tsani, Prodi Kimia, FMIPA, Universitas Mataram

Agus Kurnia, Universitas Mataram

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.