Edukasi Kesadaran Bahaya Kecanduan Game Online dan Dampaknya terhadap Perilaku Keagamaan Siswa
Keywords:
Pembelajaran Berbasis Proyek, Perilaku Siswa, Permainan Daring, Proyek Sosial, Studi KeagamaanAbstract
Perkembangan teknologi saat ini berlangsung secara masif dan pesat, disertai dengan penggunaan internet yang semakin tidak terbatas, sehingga memunculkan berbagai produk teknologi, salah satunya adalah permainan daring (online games). Permainan ini memiliki dampak positif maupun negatif bagi para pemainnya. Permainan daring adalah jenis permainan yang menggunakan smartphone atau media digital lain yang terhubung melalui internet, umumnya melibatkan banyak pemain secara bersamaan dan memungkinkan komunikasi real-time antar pemain. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan informasi dan meningkatkan kesadaran siswa tentang bahaya kecanduan permainan daring serta dampaknya terhadap perilaku keagamaan mereka. Kegiatan dilaksanakan menggunakan pendekatan pendidikan teman sebaya (peer education) melalui metode ceramah, diskusi, evaluasi, dan refleksi terhadap pengaruh permainan daring terhadap perilaku siswa. Hasil kegiatan PkM menunjukkan bahwa edukasi yang dilakukan berhasil meningkatkan kesadaran siswa mengenai dampak permainan daring. Siswa mampu merefleksikan pengaruh permainan tersebut terhadap perilaku mereka, termasuk dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, orang tua, dan guru, sehingga menyadari dampak signifikan permainan daring terhadap sikap dan tindakan mereka.Downloads
Published
2024-12-15
How to Cite
Hadiani, Z., Nova Winda Triyani, Hidayatun Nikmah, Muna Muliatul Qamari, Bq. Bunga Rahayu C.N., Ilham Sanubari, … Agus Kurnia. (2024). Edukasi Kesadaran Bahaya Kecanduan Game Online dan Dampaknya terhadap Perilaku Keagamaan Siswa. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 4(2), 96–105. Retrieved from https://journal.unram.ac.id/index.php/darmadiksani/article/view/5719
Issue
Section
Articles