Pembelajaran Tradisional Dengan Media Pop-Up Book Berbasis Gambar Sebagai Upaya Mengembangkan Karakter Sosial Siswa MI NW Taman

Authors

  • Ilham Ramadhani Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, University of Mataram
  • Hariadi Hariadi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, University of Mataram
  • Nabilah Nisa’uzzakiyyah Pendidikan Sosiologi, FKIP, University of Mataram
  • Rina Nurhadiani Pendidikan Matematika, FKIP, University of Mataram
  • Suci Cahaya Ramdani Pendidikan Kimia, FKIP, University of Mataram
  • Muh. Syahrul Qodri Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, University of Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v3i2.3682

Keywords:

Cerita Rakyat;, Pendidikan Karakter;, Pop-up Book

Abstract

ABSTRAK   Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu masyarakat, khususnya siswa MI NW Taman, melalui program pembelajaran tradisional dengan menggunakan media Pop-Up Book berbasis gambar. Tujuan dari program ini adalah menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan karakter kepada siswa MI NW Taman melalui cerita rakyat NTB. Metode pelaksanaan program ini melibatkan observasi persiapan program, sosialisasi, penyusunan Pop-Up Book, pengawasan pembelajaran, serta monitoring dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan peningkatan kognitif siswa terkait pendidikan karakter dan minat baca. Selain itu, penggunaan media Pop-Up Book sebagai alat pembelajaran yang efektif dan interaktif di MI NW Taman telah memberikan hasil positif. Para siswa dapat mengenal dan memahami nilai-nilai pendidikan karakter dari cerita rakyat yang disampaikan melalui Pop-Up Book.     ABSTRACT This community service program aims to assist the community, especially the students of MI NW Taman, through a traditional learning initiative using image-based Pop-Up Books. The goal of this program is to instill character education values in MI NW Taman students through folk stories from NTB. The implementation method involves observing program preparations, socializing, creating Pop-Up Books, overseeing learning sessions, and conducting monitoring and evaluation. The results of this community service activity indicate an increase in students' cognitive abilities related to character education and reading interest. Additionally, the use of Pop-Up Books as an effective and interactive teaching tool at MI NW Taman has yielded positive outcomes. Students can now recognize and understand the character education values conveyed through folk stories presented in the Pop-Up Books.

Downloads

Published

2023-12-16

How to Cite

Ramadhani, I., Hariadi, H., Nisa’uzzakiyyah, N., Nurhadiani, R., Ramdani, S. C., & Qodri, M. S. (2023). Pembelajaran Tradisional Dengan Media Pop-Up Book Berbasis Gambar Sebagai Upaya Mengembangkan Karakter Sosial Siswa MI NW Taman. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 3(2), 79–89. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v3i2.3682

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.