Tanggung Jawab Biro Perjalanan Wisata Terhadap Konsumen Yang Dirugikan

Authors

  • Adina Pravita Putri Universitas Mataram
  • Sudiarto Sudiarto Universitas Mataram

Keywords:

Perlindungan Hukum, Konsumen, Biro Perjalanan Wisata

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen yang dirugikan dan menganalisis penyelesaian sengketa antara pelaku usaha dan konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif-empiris. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen yang dirugikan dan bagaimana penyelesaian sengketa antara kedua belah pihak yaitu antara pelaku usaha dengan konsumen untuk memenuhi hak-hak dan kewajiban kedua belah pihak. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan perundang-undangan ,pendekatan konseptual, pendekatan sosiologis. Setelah dilakukan analisis, penelitian ini memperoleh hasil bahwa perlindungan hukum dan tanggung jawab biro perjalanan wisata pada UD.twofar jaya sudah memadai. Hal ini ditujukan dengan ketentuan-ketentuan yang ada dalam peraturan perundang-undangan yaitu undang-undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Pihak pelaku usaha Ud.Twofar Jaya bertanggung jawab penuh atas kerugian yang dialami konsumen atas kelalaiannya, serta memberikan segala hak dan kewajibannya sebagai pelaku usaha.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Putri, A. P. ., & Sudiarto, S. (2023). Tanggung Jawab Biro Perjalanan Wisata Terhadap Konsumen Yang Dirugikan. Commerce Law, 3(1). Retrieved from https://journal.unram.ac.id/index.php/commercelaw/article/view/2861

Most read articles by the same author(s)