PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM: STUDI KASUS PEMASARAN KAIN TENUN DI DESA PRINGGASELA
DOI:
10.29303/wicara.v2i5.5558Diterbitkan:
2024-10-29Terbitan:
Vol 2 No 5 (2024): Jurnal Wicara DesaKata Kunci:
Desa Pringgasela, Digitalisasi Pemasaran,, TenunArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Abstrak
Pringgasela merupakan salah satu desa di Kabupaten Lombok Timur yang memiliki kekuatan dalam pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Salah satu sektor usaha andalan di Desa Pringgasela adalah Tenun, berbagai kegiatan telah dilakukan untuk mengidentifikasi dan memberikan solusi terkait masalah yang ada, kegiatan diawali dengan observasi dan wawancara dengan masyarakat setempat, terutama para pengrajin kain tenun dan pelaku UMKM. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa meskipun Desa Pringgasela memiliki potensi besar dalam UMKM khususnya produksi kain tenun, terdapat kendala signifikan dalam akses pasar, yang disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan media digital. Sebagai tanggapan terhadap permasalahan tersebut, solusi yang diterapkan adalah menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan yang difokuskan pada peningkatan pemanfaatan media digital sebagai metode pemasaran. Diharapkan program tersebut dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat khususnya para pelaku UMKM. Program ini menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi digital dapat menjadi solusi efektif dalam mengatasi tantangan ekonomi di desa, serta memperkuat potensi lokal yang sudah ada.Referensi
Aliyah, A. H. (2022). Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 64–72. https://doi.org/10.37058/wlfr.v3i1.4719
Andirwan, A., Asmilita, V., Zhafran, M., Syaiful, A., & Beddu, M. (2023). Strategi Pemasaran Digital: Inovasi untuk Maksimalkan Penjualan Produk Konsumen di Era Digital. Jurnal Ilmiah Multidisipliner AMSIR, 13–15.
Erwanti, M. O. (2021). Mengenal Asal-usul Kain Tenun Pringgasela Lewat Rumah Digital Indonesia. Detik News.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Hanim, L., & MS. Noorman. (2018). UMKM (Usaha Mikro, Kecil, & Menengah) & BENTUK-BENTUK USAHA.
Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Kusumastuti, A., & Khoirun, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. LEMBAGA PENDIDIKAN SUKARNO PRESSINDO.
Moeleong, L. J. (1998). Metode Penelitian Kualitatif. Kertas Karya.
Muliadi, S. (2021). Sas App: Mewujudkan Umkm Berbasis Digital Dalam Rangka Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pringgasela Lombok Timur. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1877–1885. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5104
Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184
Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.