PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN UMKM KERIPIK SINGKONG DI DESA MENEMENG KECAMATAN PRINGGARATA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

  • M. Naufal As’ad Universitas Mataram
  • Kapitasari Universitas Mataram
  • Indri Iinpalina Universitas Mataram
  • Sutan Fajrussani RS Universitas Mataram
  • M. Izzaturrahim Universitas Mataram
  • Eki Satya Gunadi Universitas Mataram
  • Linda Kaswari Universitas Mataram
  • Natasya Dwi Nurillahi Universitas Mataram
  • Siti Meilina Qurrata Aqyun Universitas Mataram
  • Anggun Fuji Lestari Universitas Mataram
  • Akhmad Zubaidi Universitas Mataram
Kata Kunci: Pengembangan UMKM, strategi pemasaran, keripik singkong

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian lembaga perguruan tinggi kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Universitas Mataram . Salah satu desa yang dipilih sebagai lokasi pelaksanaan KKN adalah Desa Menemeng, Kecematan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah yang mengangkat tema utama yaitu Desa Preneur. Permasalahan yang dihadapi adalah terkait dengan kemasan produk keripik singkong mitra, dimana kemasan saat ini belum optimal dalam menarik konsumen serta belum memenuhi standar regulasi yang berlaku. Tujuan dari kegiatan KKN ini adalah untuk menjawab dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada di Desa Menemeng. Dalam hal ini pengembangan strategi pemasaran UMKM mulai dari pemilihan bahan baku, pengolahan, pengemasan, dan strategi pemasaran yang baik. Metode yang digunakan dalam pengembangan strategi UMKM berupa sosialisasi dan pendampingan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Hasil dari kegiatan tersebut telah memberikan pengetahuan dan keterampilan khusus kepada Mitra UMKM di Desa Menemeng tentang pemasaran produk hasil pertanian, dengan memodifikasi kemasan untuk meningkatkan nilai jual keripik singkong produksi mitra dengan memperbaiki desain dan cara pengemasan produk agar menarik bagi konsumen, dengan cara legalisasi usaha serta cara pengemasan yang baik agar produknya dapat bersaing dan berkembang  terutama masyarakat yang memiliki usaha keripik singkong secara langsung menjadi contoh pemasaran produk yang baik.  Hasil kegiatan tersebut menunjukan bahwa kegiatan KKN ini telah mampu menjawab beberapa persoalan yang ada di Desa Menemeng.

Referensi

Harahap Supriadi. (2020). Strategi Pemasaran Keripik Singkong (Studi Kasus : Industri Rumah Tangga Cap Kelinci di Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang)[Skripsi]. Medan (ID) : Universitas Medan Area.
Ismini. (2010). Analisis Nilai Tambah Dan Strategi Pemasaran Keripik Singkong Perusahaan Mickey Mouse. Agrika, 4(2)
Rahmiani A., Syifa, Virda D. P., Dhesta A. S., Rizki H. A., Arip R. S. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Konferensi Internasional Ilmu Administrasi, 3(1), 1-7.
Suparjo.,Hariastuti,Ni Luh Putu. 2017. Pendampingan Pengabdian Kepada Masyarakat untuk UKM Produk Tempe di Kapasjaya. Jurnal Pengabdian LPPM Untag Surabaya, 2(3), 1-9.
Wardiah, Isna, Subandi, Siti Kustin, M. Helmy Noor. (2020). Meningkatkan Daya Saing Produk Usaha Rumahan Keripik Singkong. Implementation and Action, 2(2), 1-9.
Widyastuti, NW., Winangsi, Rahmi. (2018). Meningkatkan Daya Saing Produk Usaha Mikro melalui Desain Kemasan Kelompok Usaha Produsen dan Retailer Makanan “Kue Subuh”. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 4(1), 17-25.
Yuliastuti A., Sita, Tutun S., Kristian O. (2020). Pengembangan Strategi Pemasaran dan Promosi Produk UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Proceeding Senadimas Undiksha. Yogyakarta.
Diterbitkan
2024-04-11