BEST PRACTICE DOSEN MENGAJAR IPS IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING MEMADUKAN TWO STAYTWO STRAY MODEL DI SMPN 1 LINGSAR

  • Hairil Wadi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Sukardi Sukardi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Suud Suud Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Nurul Aini Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Raudatul Jannah Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
Keywords: best practice, guru, pengabdian

Abstract

Program Pengabdian Karya Dosen yang dimanfaatkan masyarakat ini ditujukan untuk meningkatkan kolaborasi kerjasama antara dosen di LPTK dengan guru-guru IPS di sekolah. Pengabdian Karya Dosen yang dimanfaatkan masyarakat ini akan melakukan tahapan kegiatan meliputi penjelasan umum mengenai konsep dasar Best Pratice, Konsep dan langkah-langkah Rancangan Pembelajaran Problem Based Learning Kolaborasi Two Stay Two Stray, Impelementasi, dan Evaluasi dari pelaksanaan.  Kegiatannya melibatkan langsung dosen mengajar IPS menerapkan Problem Based Learning memadukan Two Stay Stray di kelas di SMPN 1 Lingsar Lombok barat. Adapun luaran yang dihasilkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa 1) Rancangan RPP mata pelajaran IPS Problem based learning Memadukan Two Stay two stray model berdasarkan kurikulum 2013; 2)  artikel ilmiah yang terpublikasi.             Hasil kegiatan diantaranya 1) Rancangan Perangkat Pembelajaran IPS  Problem based Learning Memadukan Two Stay Two Stray yang terdiri dari Skenario Pembelajaran, LKPD, Media ajar, Penilaian 2)  Dosen mempraktikkan langsung di kelas model pembelajaran Problem based learning Memadukan Two Stay Two Stray pada mata pelajaran IPS sesuai tahapan-tahapan skenario pembelajaran, 3) Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran.
Published
2023-12-19
How to Cite
Wadi, H., Sukardi, S., Suud, S., Aini, N., & Jannah, R. (2023). BEST PRACTICE DOSEN MENGAJAR IPS IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING MEMADUKAN TWO STAYTWO STRAY MODEL DI SMPN 1 LINGSAR. Jurnal Pepadu, 4(4), 547-554. https://doi.org/10.29303/pepadu.v4i4.3710