PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS INTEGRASI KEARIFAN LOKAL SASAK POLA LESSON STUDY
DOI:
https://doi.org/10.29303/pepadu.v6i3.8129Kata Kunci:
social studies, learning materials, local wisdom, SasakAbstrak
Program Pengabdian Karya Dosen yang dimanfaatkan masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru IPS dalam merancang perangkat pembelajaran integrasi Kearifan lokal Sasak pola Lesson study di Kecamatan Pujut Lombok tengah. Metode kegiatan tahun pertama ini dengan ekpositori, tanya jawab, dan diskusi. Kegiatan ini telah melibatkan langsung guru-guru IPS SMP Negeri di Kecamatan Pujut Lombok tengah. Hasil kegiatan diantaranya, 1) Tim pengabdian berbagi tugas menyampaikan materi tentang konsep rancangan pembelajaran, Kearifan lokal, Lesson study, 2) Guru-guru IPS mengidentifikasi kearifan lokal yang masih ada dan dilaksanakan oleh masyarakat untuk diintegrasi pada rancangan perangkat pembelajaran, 3) Refleksi peserta dan tim pengabdian dari kegiatan yang telah dilaksankan. Luaran dari kegiatan ini berupa artikel pengabdian karya dosen yang dimanfaatkan masyarakat untuk tahun pertama.
Kata Kunci: IPS, pembelajaran, perangkat, sasak









