PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS INTEGRASI KEARIFAN LOKAL SASAK POLA LESSON STUDY

Penulis

  • Hairil Wadi Pendidikan Sosiologi FKIP Universitas Mataram
  • Suud Suud
  • Masyhuri Masyhuri
  • Jepri Utomo
  • Ahmad Naufal Akbar

DOI:

https://doi.org/10.29303/pepadu.v6i3.8129

Kata Kunci:

social studies, learning materials, local wisdom, Sasak

Abstrak

Program Pengabdian Karya Dosen yang dimanfaatkan masyarakat ini bertujuan  untuk meningkatkan kemampuan guru-guru IPS dalam merancang perangkat pembelajaran integrasi Kearifan lokal Sasak pola Lesson study   di Kecamatan Pujut Lombok tengah. Metode kegiatan tahun pertama ini dengan ekpositori, tanya jawab, dan diskusi. Kegiatan ini telah melibatkan langsung guru-guru IPS SMP Negeri di Kecamatan Pujut Lombok tengah. Hasil kegiatan diantaranya, 1) Tim pengabdian berbagi tugas menyampaikan materi tentang konsep rancangan pembelajaran, Kearifan lokal, Lesson study, 2) Guru-guru IPS mengidentifikasi kearifan lokal yang masih ada dan dilaksanakan oleh masyarakat untuk diintegrasi  pada rancangan perangkat pembelajaran, 3) Refleksi peserta dan tim pengabdian  dari kegiatan yang telah dilaksankan. Luaran dari kegiatan ini berupa artikel pengabdian karya dosen yang dimanfaatkan masyarakat untuk tahun pertama.

Kata Kunci: IPS, pembelajaran, perangkat, sasak

Diterbitkan

2025-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS INTEGRASI KEARIFAN LOKAL SASAK POLA LESSON STUDY. (2025). Jurnal Pepadu, 6(3), 478-483. https://doi.org/10.29303/pepadu.v6i3.8129

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama