Penyusunan Perangkat Pembelajaran Inovasi Brosur PBLTS Lesson Study (Pendampingan Guru-guru IPS SMAN 2 Narmada)

Authors

  • Hairil Wadi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Kota Mataram, Indonesia
  • Sukardi Sukardi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Kota Mataram, Indonesia
  • Imam Malik Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Kota Mataram, Indonesia
  • Holizatun Nida Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Kota Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29303/pepadu.v5i4.5869

Keywords:

Inovasi, IPS, Pembelajaran, Perangkat

Abstract

Program Pengabdian Karya Dosen yang dimanfaatkan masyarakat ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru IPS SMAN 2 Narmada dalam menyusun Perangkat pembelajaran inovasi Brour PBLTS Lesson Study. Pengabdian Karya Dosen yang dimanfaatkan masyarakat ini tahapan kegiatan meliputi pemaparan materi konsep perangkat pembelajaran, model dan media pembelajaran, Lesson Study.           Kegiatannya melibatkan langsung guru-guru IPS (Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Geografi,PPKn)  SMAN 2 Lingsar. Adapun luaran yang dihasilkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa 1) Perangkat pembelajaran IPS Inovasi Brosur PBLTS Lesson Study; 2)  artikel ilmiah yang terpublikasi. Hasil kegiatan diantaranya mengikuti tahapan Lesson Study, yaitu guru secara berkolaborasi dalam 1) mengidentifikasi masalah pembelajaran IPS 2) Menyusun Perangkat Pembelajaran IPS  Inovasi Brosur PBLTS yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), LKPD, Media ajar, Penilaian 2) mengimplementasikan langsung di kelas  hasil menyusun perangkat pembelajaran Inovasi Brosur PBLTS, 3) Refleksi dari Perencanaan dan Implementasi Perangkat pembelajaran IPS Inovasi Brosur PBLTS.

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Wadi, H., Sukardi, S., Malik, I., & Nida, H. (2024). Penyusunan Perangkat Pembelajaran Inovasi Brosur PBLTS Lesson Study (Pendampingan Guru-guru IPS SMAN 2 Narmada). Jurnal Pepadu, 5(4), 701–705. https://doi.org/10.29303/pepadu.v5i4.5869