WORKSHOP TEKNIK PEMBIMBINGAN MAHASISWA PESERTA PRAKTEK PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN BAGI GURU- PAMONG DALAM MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.29303/pepadu.v2i3.2223Keywords:
pembimbingan, penilaian, pengenalan lapangan persekolahanAbstract
ABSTRAK Pengembangan kompetensi mahasiswa calon guru merupakan hal yang penting dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi guru di tingkat satuan pendidikan menengah. Pengembangan tersebut salah satunya melalui mata kuliah PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) yang dilaksanakan di satuan pendidikan dimana dibutuhkan guru pamong sebagai pembimbing dalam pelaksanaannya. Tujuan kegiatan pengabdian adalah untuk Mengembangkan pemahaman guru pamong SMA/MA Kabupaten Lombok Barat dalam membimbing dan mengevaluasi kemampuan mahasiswa menyusun perangkat pembelajaran; Mengembangkan keterampilan guru guru dalam membimbing dan mengevaluasi mahasiswa peserta PLP. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah melalui workshop yang lebih berbasis pada praktek langsung tentang teknik pembimbingan dan penilaian mahasiswa peserta PLP agar dapat meningkatkan kemampuan dalam mengarahkan dan membimbing mahasiswa peserta PLP. Hasil menunjukan bahwa 82% para guru pamong telah memiliki pemahaman secara komprehensif mengenai teknik-teknik pembimbingan mahasiswa, teknik-teknik mengevaluasi proses dan hasil pelaksanaan, mendesain instrumen observasi dan membimbing mahasiswa, mengevaluasi proses dan hasil serta membimbing penyusunan laporan PLP. Namun belum perlu penguatan tentang pelaksanaan merdeka belajar bagi mahasiswa di satuan pendidikan Kemampuan guru pamong bisa mendukung kualitas pelaksanaan PLP dan kompetensi mahasiswa FKIP UNRAM peserta PLP.Downloads
Published
2021-11-29
How to Cite
Pepadu, J. ., Jufri, W., Setiadi, D. ., Sukardi, S., Gunawan, G., & Setiawan, H. . (2021). WORKSHOP TEKNIK PEMBIMBINGAN MAHASISWA PESERTA PRAKTEK PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN BAGI GURU- PAMONG DALAM MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR. Jurnal Pepadu, 2(3), 329–336. https://doi.org/10.29303/pepadu.v2i3.2223
Issue
Section
Articles