PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN SOSIAL (Pendampingan Pada Guru Sosiologi di SMAN 1 Gangga Kabupaten Lombok Utara)

Authors

Masyhuri Masyhuri , Suud Suud , Muhammad Ilyas

DOI:

10.29303/pepadu.v5i1.3611

Published:

2024-01-30

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2024): Jurnal Pepadu

Keywords:

Proposal, Penelitian Sosial, Guru Sosiologi

Articles

Downloads

How to Cite

Masyhuri, M., Suud, S., & Ilyas, M. (2024). PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN SOSIAL (Pendampingan Pada Guru Sosiologi di SMAN 1 Gangga Kabupaten Lombok Utara). Jurnal Pepadu, 5(1), 176–184. https://doi.org/10.29303/pepadu.v5i1.3611

Abstract

Guru Sosiologi di SMAN 1 Gangga Lombok Utara belum memiliki banyak pengalaman dalam menyusun proposal penelitian sosial. Sementara itu, KD matapelajaran Soiologi menunjukkan esensi dan orientasi pada kemampuan siswa untuk dapat menyusun proposal penelitian sosial. Hal ini dapat dicermati dari KD 4.4. kelas X, yaitu “menyusun rancangan, melaksanakan dan menyusun laporan penelitian sederhana serta mengkomunikasikannya dalam bentuk tulisan, lisan, dan audio visualâ€. Untuk dapat membantu siswa mencapai KD tersebut maka guru sosiologi idelanya memiliki pengetahuan dan pengelaman dalam menyusun proposal penelitian sosial. Oleh karena itulah kegiatan pengabdian yang diusulkan ini sangat penting dilakukan dengan tujuan agar guru Sosiologi di SMAN 1 Gangga dapat menyusun proposal penelitian soial sehingga dapat membantu siswa mencapai KD tersebut. Luaran kegiatan pengabdian ini adalah: (1) Publikasi pada artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal nasional ber-ISSN, dan (2) Pernyataan pemanfaatan hasil pengabdian oleh mitra. Metode yang diguanakan adalah pendampingan dengan tahapan kegiatan: (1) penyampaian materi dan diskusi (2) pendampingan, (3) evaluasi. Hasil pengabdian menujukkan bahwa guru sosiologi dapat menyusun proposal penelitian sosial sebagaimana diharapkan, dibuktikan dengan adanya produk proposal penelitian sosial yang disusun oleh guru SMAN 1 Gangga. Pengalaman dalam penyususnan proposal tersebut akan sangat membantu guru sosiologi dalam mengarahkan dan membimbing siswa dalam menyusun rencana penelitian sosial sebagaimana tuntutan KD 4.4. kelas X.

Author Biographies

Masyhuri Masyhuri, Program Studi Pendidikan Sosiologi Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Mataram

Suud Suud, Program Studi Pendidikan Sosiologi Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Mataram

Muhammad Ilyas, Program Studi Pendidikan Sosiologi Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Mataram