PENDAMPINGAN PENYUSUNAN RANCANGAN PEMBELAJARAN IPS ACTIVE LEARNING MODEL BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH BAGI GURU-GURU SMP-MTS SEKECAMATAN LINGSAR LOMBOK BARAT

  • Jurnal Pepadu
  • Hairil Wadi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Ni Made Novi Suryanti Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Sukardi Sukardi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Imam Malik Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Nurul Aini Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Raudatul Jannah Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
Keywords: active, learning, scientific, IPS

Abstract

Pengabdian karya dosen yang dimanfaatkan masyarakat ini, dilatarbelakangi tuntutan profesional agar guru mampu merancang pembelajaran inovatif dalam tim sesama guru IPS. Namun realitanya guru belum melakukan. Oleh karena itu perlu solusi melalui pendampingan perancangan inovasi pembelajaran Active Learning model Scientific Approach Melalui Lesson Study. Tujuan pengabdian kepada karya dosen yang dimanfaatkan dosen masyarakat kemitraan ini untuk meningkatkan kemampuan guru-guru IPS SMPN 1 Lingsar dalam merancang Pembelajaran IPS Active Learning Model Scientific Approach. Inovasi pembelajaran IPS Active Learning Model Scietnfic Approach yang dimaksudkan adalah guru-guru IPS dalam tim merancang pembelajaran inovatif yang mengarahkan siswa pada kegiatan mengaktifkan yang dipadukan dengan kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Sedangkan manfaat Pengabdian karya dosen yang dimanfaatkan masyarakat ini memberikan pengetahuan sekaligus pemahaman kepada guru-guru IPS dalam meningkatkan kualitas profesionalitas dan pembelajaran. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat kemitraan ini, yaitu ekpositori, diskusi kelas, unjuk kerja, dan presentasi. Hasil kegiatan diantaranya 1) Penyampaian materi yang melibatkan dua orang dosen sebagai narasumber dan 20 orang peserta; 2) Guru secara berkolaborasi mengidentifikasi masalah yang berasal dari guru dan siswa pada mata pelajaran IPS;2)Hasil identifikasi masalah diputuskan solusi yang terbaik perancangan active learning model Scientific Approach;3) Merancang pembelajaran IPS Active Learning model Scientific Approach dengan tahapan identifikasi Kompetensi Dasar, penentuan Indikator pencapaian kompetensi (IPK), Penentuan tujuan pembelajaran penentuan materi pokok, Pendekatan, Strategi, model, metode, Media, sumber belajar, dan penilaian.
Published
2023-01-31
How to Cite
Pepadu, J., Wadi, H., Suryanti, N. M. N., Sukardi, S., Malik, I., Aini, N., & Jannah, R. (2023). PENDAMPINGAN PENYUSUNAN RANCANGAN PEMBELAJARAN IPS ACTIVE LEARNING MODEL BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH BAGI GURU-GURU SMP-MTS SEKECAMATAN LINGSAR LOMBOK BARAT. Jurnal Pepadu, 4(1), 44-48. https://doi.org/10.29303/pepadu.v4i1.2233

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>