MOTIVASI BELAJAR SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS V SDN 03 KETAPANG RAYA KECAMATAN KERUAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Penulis

  • Sp. Nuril Hidayah Al Idrus Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • H. Hari Witono Universitas Mataram
  • Heri Hadi Saputra Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v3i1.479

Kata Kunci:

Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Masa Pandemi Covid-19

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui motivasi belajar selama masa pandemi Covid-19 pada siswa kelas V SDN 03 Ketapang Raya Kecamatan Keruak Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini yaitu motivasi belajar siswa kelas V SDN 03 Ketapang Raya Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur selama masa pandemi covid-19 tergolong baik, diindikasikan dengan: 1) Siswa sudah menunjukkan sikap adanya hasrat dan keinginan untuk berhasil dalam belajar meskipun dalam masa pandemi covid-19; 2) Siswa sudah menunjukkan sikap adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar; 3) Siswa sudah menunjukkan sikap adanya harapan dan cita-cita di masa depan; 4) Siswa sudah menunjukkan sikap adanya penghargaan dalam belajar; 5) Siswa sudah menunjukkan sikap adanya kegiatan yang menarik dalam belajar selama masa pandemi covid-19; 6) Siswa menunjukkan adanya lingkungan belajar yang kondusif selama masa pandemi covid-19 Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Masa Pandemi Covid-19

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Asrori, M. (2008). Psikology Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.

Djamarah. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Koentjaraningrat. (2008). Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia.

Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan Universitas Indonesia, 2(2).

Rahayu. (2009). Analisis Intensitas Pendidikan oleh Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Anak, Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa. E-Journal. Vol.18, No.1.

Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+ PLUS UNESA, 6(2).

Solehah, N. N., Saputra, H. H., & Setiwan, H. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 20 Ampenan pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 229-235.

Diterbitkan

2022-06-20

Cara Mengutip

Idrus, S. N. H. A., Witono, H. H., & Saputra, H. H. (2022). MOTIVASI BELAJAR SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS V SDN 03 KETAPANG RAYA KECAMATAN KERUAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 3(1), 58–62. https://doi.org/10.29303/pendas.v3i1.479

Terbitan

Bagian

Articles