IDENTIFIKASI MASALAH PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SDN 2 BATUJAI

Penulis

  • Mala Pazira Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Siti Istiningsih PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Muhammad Turmuzi FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v3i1.408

Kata Kunci:

belajar dari rumah, masalah implementasi, covid-19

Abstrak

Pelaksanaan Belajar Dari Rumah(BDR)  merupakan salah satu alternatif atau tindakan yang dilakukan untuk tetap memberikan hak belajar anak.  Dengan adanya pelaksananaan  pembelajaran menggunakan metode BDR terdapat beberapa masalah dalam pelaksanaannya. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah mengindentifikasi Masalah Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III Di SDN 2 Batujai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja masalah pelaksanaan belajar dari rumah di masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika kelas iii di SDN 2 Batujai. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dimaanfaatkan secara teoritis bagi guru, bagi peneliti, dan bagi peneliti lain. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuanitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan Nonrobability Sampling dengan jenis sampling jenuh, dimana untuk sampelnya menggunakan seluruh anggota populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah peneliti menggunakan teknik Observasi, wawancara dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penarikan hipotesis berdasarkan pada tabel data SPSS adalah Ha diterima dan Ho ditolak dengan nilai sig. 0,031 < 0,05. Maka ada masalah pelaksanaan belajar dari di masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika kelas III  di SDN 2 Batujai.

Referensi

Ajat Rukajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Group Penerbitan Cv Budi Utama.
Akses Ponsel Terbatas, Nadiem Sebut Guru Terpaksa “Kreatif”, 24 Maret 2020, https;//www.cnnindonesia.com/nasional/20200324150150-20-486501/akses-ponsel-terbatas-nadiem-sebut-guru-terpaksa-kreatif, diakses 06 September 2021.
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika Dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12-22. https:/doi.org/10.30998/formatif.v6i.748.
Fernandes, Joni. 2017. Penerapan Pembelajaran Tematik Kelas Rendah SDN 1Blunyahan, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.
Huda, Khairul, dan Erni Munastiwi. 2020. “Strategi Orang Tua dalam Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Di Era Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikakn Glasser 4(2):80-87.
Kurniasari, Asrilia. dkk. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. 6 (3), 246-253.
Lestari, I. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis Kompetensi Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Padang: Akadenia Permata.
Lisman, Markuna, dan Helmi Wicaksono. 2020. Strategi Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di MTS Al-Maarif Banyorang.” Jurnal Al-Qiyam 1(1):54-69.
Nurhaliza, S. (2019).Identifikasi Kesulitan Dalam Menyusun RPP Kimia Kurikulum 2013 Oleh Guru Pada Tingkat Madrasah Aliyah Pidie Jaya.
Oktaviani Dita Nur , Nur Hudah. 2021. Analisis Proses Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19. Journal Of Elementary Education 1(1), 1-10.
Turmuzi. 2017. Pembelajaran Matematika SD. Mataram: FKIP Press.
Surat Edaran Nomor. 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Diakses tanggal 19 Februari 2021 pada laman https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/05/SE-Sesjen-Nomor-15-Tahun-2020-2.pdf
Sanjaya, W. 2013. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zeeleva, Vera P., Svetlana S. Bykova dan Silvia Varbanova. 2016. “Psychological And Pedagocial Support For Students` Adaptation To Learning Activity In High Science School” International Journa Of Enviromental And Science Education 11(3):151-61. Doi:10.12973/ijese.2016.299a

Diterbitkan

2022-06-18

Cara Mengutip

Pazira, M., Istiningsih, S., & Turmuzi, M. (2022). IDENTIFIKASI MASALAH PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SDN 2 BATUJAI. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 3(1), 20–27. https://doi.org/10.29303/pendas.v3i1.408

Terbitan

Bagian

Articles