Main Article Content

Mariati Mariati
M. Irawan Zain
Siti Istiningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar matematika siswa SDN Gugus I Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi korelasi menggunakan metode expost facto. Adapun teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis korelasi Product Moment berbantuan program SPSS 16.0 for windows. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN Gugus I Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 178 orang, sampel penelitian berjumlah 92 orang diambil dengan tekhnik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor keterampilan mengajar guru adalah 24,10 (baik). Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa adalah 77 (baik). Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% dengan nilai pearson correlation sebesar 0,845 ( ) > 0,205 ( ). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar matematika siswa SDN Gugus I Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019.

Article Details

How to Cite
Mariati, M., Zain, M. I., & Istiningsih, S. (2020). HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SDN GUGUS I KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 1(1), 12-18. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i1.50
References
Azmi, Nurul. 2018. Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Hasil Belajar IPA siswa kelas V SDN Gugus 2 Sandubaya Tahun Ajaran 2016/2017. Mataram : Skripsi. Universitas Mataram.
Fitriana, Uswatun Ika. 2018. Hubungan Keterampilan Menggunakan Variasi Media Pembelajaran Dan Keterampilan Mengelola Kelas dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 06 Metro Barat. Bandar Lampung : Skripsi. Universitas Lampung.
Hasibuan, JJ & Moedjiono. 2010. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Kusnadi. 2008. Startegi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan. Pekanbaru: Yayasan Pusaka Riau.
Mudlofir, Ali. 2012. Pendidikan Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Perseda
Mukhtar, Lalu. 2012. Profesi Keguruan. Mataram: Alam Tara Institute
Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada
Sagala, S. 2011. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta. Cetakan ke 14
Usman, Moh. Uzer. 2004. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja
Rosadakarya.
Wahyuni, Lisa. 2015. Hubungan Keterampilan Mengajar Guru Dengan Minat Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Segugus I Kecamatan Simpur Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan Tahun Ajaran 2014/2015. Yogyakarta: Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.