ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 1 TEPAS PADA MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Anisah Mufidah Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Safruddin PGSD FKIP UNIVERSITAS MATARAM
  • Muhammad Turmuzi FKIP Universitaas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v3i1.398

Kata Kunci:

kesulitan belajar matematika, Covid-19, pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar matematika yang dilaksanakan pada masa pandemi covid-19, untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV SDN 1 Tepas dan 40 siswa kelas IV SDN 1 Tepas. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis jenis kesulitan belajar matematika, faktor internal dan faktor eksternal penyebab kesulitan belajar matematika, upaya yang dapat dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika yang dilaksanakan pada masa pandemi covid-19. Maka dari data yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa penyebab kesulitan belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Tepas pada masa pandemi covid-19 disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal yang berhubungan dengan siswa.

Referensi

Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta.

Ahmadi, A. & W. S. (2013). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Andhita Windy Priastuti, & Slamet HW. (2016). Dukungan Fasilitas dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMP. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1–7.

Desy Kumalasari. (2018). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Belajar Komputer Akuntansi Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2017/2018. 53(9), i–174.

Jamaris, M. (2015). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Ghalia Indonesia.

Nakayama, M., Yamamoto, H., & Santiago, R. (2007). Relationship between learner characteristics and learning performance in hybrid courses among Japanese students. Proceedings of the International Conference on E-Learning, ICEL, 2007-January(3), 341–349.

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149

Runtukahu, T. dan S. K. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Ar-Ruz Media.

Setyono, A. (2007). Mathemagics. PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tyas, N. M. (2016). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. In Skripsi yang diterbitkan.

Utami, Y. P., Alan, D., Cahyono, D., & Indonesia, U. T. (2020). Studi at Home : Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pemjbelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(1), 20–26. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/252/84

Diterbitkan

2022-06-18

Cara Mengutip

Mufidah, A., Safruddin, & Turmuzi, M. . (2022). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 1 TEPAS PADA MASA PANDEMI COVID-19. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 3(1), 10–19. https://doi.org/10.29303/pendas.v3i1.398

Terbitan

Bagian

Articles