PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV GUGUS 1 KECAMATAN WAWO

Penulis

  • Astuti Mulyaningsi Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Ida Bagus Kade Gunayasa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Muhammad Irawan Zain PGSD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v2i2.366

Kata Kunci:

model pembelajaran CTL, keterampilan berbicara, siswa kelas IV

Abstrak

Penellitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CTL berbantuan cerita rakyat Bima terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV Gugus 1 Kecamatan Wawo. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental design tipe nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Wawo tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 86 orang yang terdiri dari SDN 2 Maria, SDN Inpres Ntori, SDN 3 Maria,  dan SDN Inpres Kombo. Teknik sampling penelitian ini adalah probability sampling tipe cluster random samplingdengan sampel kelas IV SDN 3 Maria dan kelas IV SDN Inpres Kombo. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes keterampilan berbicara siswa menggunakan rubrik penilaian (pretest-posttest).Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan rumus t-test polled varians. Uji hipotesis pada taraf signifikan 5% menghasilkansedangkan , dengan kata lain, . Berdasarkan kriteria pengujian yakni jika maka H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran CTL berbantuan cerita rakyat Bima terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV Gugus Kecamatan Wawo tahun pelajaran 2020/2021. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantuan cerita rakyat Bima dapat diterapkan di siswa SD kelas IV untuk meningkatkan keterampilan berbicara

Referensi

Aspiana, A., Gunayasa, I. B. K., & Tahir, M. . (2021). Pengaruh Metode Story Telling Terhadap Kemampuan Berbicara Peserta Didik Gugus III Jonggat Tahun Pelajaran 2020/2021. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(3), 173–181.

Hamdini, M. W., Khairunnisa, K., & Setiawan, H. (2021). Pengaruh Model Time Token Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN Prayitna Kecamatan Praya. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 80–87.

Husada, A., Untari, M. F. A., & Tsalatsa, A. N. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Metode Bermain Peran Pada Siswa. Journal of Education Action Research, 3(2), 124-130.

Jumiatin, D. (2013). PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING (CTL) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DAN SOSIAL ANAK USIA DINI (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Marhaeni, A. B., Marhaeni, M. P. A. N., & Sutama, M. P. P. I. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Cerita Rakyat Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Minat Baca Pada Siswa Kelas V SD. (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).

Musaddat, S . (2017). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Mataram: Agra Puji Press Mataram Lombok.

Nilasari, E., Djatmika, E. T., & Santoso, A. (2016). Pengaruh penggunaan modul pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1399-1404.

Sari, L. P. E., Ardana, I. K., & Putra, D. K. N. S. (2016). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok A1. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(1).

Sugiyono. (2015). Model Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Guntur H. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Diterbitkan

2021-12-20

Cara Mengutip

Mulyaningsi, A., Gunayasa, I. B. K., & Irawan Zain, M. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV GUGUS 1 KECAMATAN WAWO. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 2(2), 168–175. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i2.366

Terbitan

Bagian

Articles