MENATA MASA DEPAN INDONESIA EMAS 2045 DALAM BINGKAI LIFELONG LEARNING DAN UNIVERSAL EDUCATION

Penulis

  • Aah Siti Fatimah Program Studi Magister PGSD, UPI Kampus Cibiru, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Prihantini Prihantini Program Studi Magister PGSD, UPI Kampus Cibiru, Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v4i2.3651

Kata Kunci:

Indonesia emas, belajar sepanjang hayat, pendidikan universal

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui persiapan dari Indonesia dalam menghadapi masa depan Indonesia emas tahun 2045. Adapun yang menjadi rumusan masalah dari penelitian ini adalah pengaplikasian belajar sepanjang hayat dan pendidikan universal dalam menghadapi Indonesia emas 2045. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian studi literatur. Dari hasil pembahasan ditemukan bahwa dalam menghadapi penataan Indonesia menuju masa Indonesia emas 2045 kuncinya dengan menyiapkan dalam pendidikan dengan memiliki konsep belajar sepanjang hayat dan pendidikan universal yang harus dipahamkan pada siswa dalam strategi pembelajaran disekolah.

Referensi

AF, M. A., Nurfadilah, K., & Hilman, C. (2022). Pendidikan Luar Sekolah dalam Kerangka Pendidikan Sepanjang Hayat. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(2), 90–95. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i2.216

Anggono, B. D., & Damaitu, E. R. (2021). PENGUATAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PEMBANGUNAN NASIONAL MENUJU INDONESIA EMAS. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan. https://doi.org/10.52738/pjk.v1i1.22

Cronholm, S. (2021). Lifelong Learning: Principles for Designing University Education. Journal of Information Technology Education: Research, 20, 35–60. https://doi.org/10.28945/4686

Faizin, M., Ubaidillah, M. F., & Akbar, M. I. F. (2023). Relevansi Antara Konsep Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara Dan Konsep Pendidikan Islam Seumur Hidup (Lifelong Education) Muhammad. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1707–1715.

Garzón-Artacho, E., Sola-Martínez, T., Romero-Rodríguez, J. M., & Gómez-García, G. (2021). Teachers’ perceptions of digital competence at the lifelong learning stage. Heliyon, 7(7). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07513

Hairani, E. (2018). Abstrak. 2(1), 355–377.

Irfani, S., Riyanti, D., Muharam, R. S., & Suharno. (2021). RAND DESIGN GENERASI EMAS 2045: TANTANGAN DAN PROSPEK PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK KEMAJUAN INDONESIA. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan. https://doi.org/10.24832/jpkp.v14i2.532

J. Skovsgaard et al. (2018). The Future of Education and Skills: Education 2030. OECD Education Working Papers, 1–23. http://www.oecd.org/education/2030/E2030%0APosition%0APaper%0A(05.04.2018).pdf

Kamrozzaman, N. A., Badusah, J., & Wan Mohammad, W. M. R. (2019). Heutagogy Approach : Effectiveness of M-Learning For Lifelong Learning Education/ Pendekatan Heutagogi :Keberkesanan M-Pembelajaran untuk Pendidikan Sepanjang Hayat. Sains Humanika, 11(3), 53–61. https://doi.org/10.11113/sh.v11n3.1496

Kemendikbud. (2017). Peta Jalan Generasi Emas Indonesia 2045. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Marfu’ah, H. (2022). Pendidikan Sepanjang Hayat dan Berbagai Implikasinya. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Aswaja, 7(2), 87–100. https://doi.org/10.56013/jpka.v7i2.1159

Nasir, S. (Universitas M. P. (2020). Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam: Universal, Keseimbangan, Kesederhanaan, Perbedaan Individu, dan Dinamis. Istiqra’.

Ningsih, R. (2021). MENINGKATAN KEMAMPUAN SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN MELAKSANAKAN PENDIDIKAN MENENGAH UNIVERSAL DAN PENDIDIKAN VOKASI. Jurnal Revolusi Indonesia.

Nur’aini, F., Ulumuddin, I., Sari, L. S., & Fujianita, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018. Pusat Penelitian Kebijakan, 3, 1–10.

OECD. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD, 021, 1–206. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16742

Omar, E., & Asmaa, B. H. (2022). Universal Education and Research Challenges. International Journal of Education (IJE), 10(3), 39–58. https://doi.org/10.5121/ije.2022.10305

Prameswari, T. W. (2020). Merdeka Belajar : Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045. Prosding Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara.

Prianti, R. E., & Prabowo, B. (2021). Strategi Pemasaran Kain Shibori Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada UMKM Arafa Surabaya. Jurnal Revolusi Indonesia.

Purba, G. H., & Bety, C. F. (2022). Menyongsong Generasi Indonesia Emas 2045 Melalui Pendidikan Karakter Berbasis ISEQ. Jurnal Kewarganegaraan.

Purba, G. H., Kartikasari, D. W., & Neva, C. F. (2023). Pendekatan aksiologi untuk analisis masalah pendidikan universal. Sorot, 17(3), 139. https://doi.org/10.31258/sorot.17.3.139-148

Rumina, R. (2018). Islam Sebagai Paradigma Pendidikan Moral Universal. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. https://doi.org/10.31538/nidhomulhaq.v2i3.79

Sitorus, H. F., Wiranto, S., Widodo, P., Saragih, H. J. R., & Suwarno, P. (2022). FUTURE LEADER DI BIDANG MARITIM MENUJU INDONESIA EMAS 2045. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial.

Subijanto, S., Suprastowo, P., Jakaria, Y., Hendarman, H., Waluyo, P., & Winigsih, L. H. (2017). PROGRAM PENDIDIKAN MENENGAH UNIVERSAL SEBAGAI PERSIAPAN WAJIB BELAJAR DUABELAS TAHUN. Jurnal Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v35i1.12119

Wahyudi, D., & Kurniasih, N. (2019). MEMBANGUN GENERASI “GREAT†BERETIKA MENUJU INDONESIA EMAS. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v3i1.1453

Yuningsih, Y. (2019). Pendidikan Kecakapan Abad Ke-21 Untuk Mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar.

Diterbitkan

2023-12-08

Cara Mengutip

Fatimah, A. S., & Prihantini, P. (2023). MENATA MASA DEPAN INDONESIA EMAS 2045 DALAM BINGKAI LIFELONG LEARNING DAN UNIVERSAL EDUCATION. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 4(2), 170–178. https://doi.org/10.29303/pendas.v4i2.3651

Terbitan

Bagian

Articles