SEKOLAH INKLUSI MENCIPTAKAN RUANG BAGI SEMUA BAKAT
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v4i2.3648Kata Kunci:
sekolah inklusi, berkebutuhan khusus, bakat siswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui sekolah yng menerapkan pendidikan inklusif bagi siswanya.Pada hasil penelitian meskipun sekolah tersebut belum mengkhususkan sekolah inklusi, tetapi sekolah tersbut menerima dan memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk belajar. Adapun yang menjadi rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan sekolah inklusi. Pada penelitian ini peneliti mengambil pada salah satu sekolah dasar di derah Kota Bandung. Dengan sampel yang dilakukan sebagai sumber data adalah siswa kelas 1-6 sebanyak 838 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi secara langsung. Waktu pelaksanaan penelitian bulan Oktober-November 2023 pada salah satu sekolah dasar negeri di Kota Bandung. Semua siswa pada sekolah tersebut mendapatkan perlakuan yang sama baik yang memiliki kebutuhan khusus maupun tidak, hal tesebut menjawab perumusan masalah yang diajukan pada penelitian ini.Referensi
Arista, E. N., Istiningsih, S., & Safruddin, S. (2022). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Numerasi di Sekolah Inklusi SDN 1 Sangkawana. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2453–2459. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.990
Barsihanor, B., & Anindia Rosyida, D. (2019). Implementasi Pendidikan Inklusi Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Firdaus Banjarmasin. Jurnal Tarbiyatuna, 10(2), 147–166. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v10i2.2712
Carter, D. S., Andersen, C., & Abawi, L. A. (2023). In Sync: Inclusive school communities supporting students with anxiety. Heliyon, 9(6), e16447. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e16447
Dr.H.Hamsi Mansur. (2019). Pendidikan Inklusif Mewujudkan Pendidikan Untuk Semua.
Fajra, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). Pengembangan Model Kurikulum Sekolah Inklusi Berdasarkan Kebutuhan Perseorangan Anak Didik. Jurnal Pendidikan, 21(1), 51–63. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.746.2020
Purbasari, Y. A., Hendriani, W. H., & Yoenanto, N. H. (2022). Perkembangan Implementasi Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 7(1), 50–58. https://doi.org/10.26740/jp.v7n1.p50-58
Rahmi, R., Hasanah, A., & Anti, S. L. (2020). Konsep Pendidikan Karakter Pada Sekolah Inklusi Tingkat Usia Dasar. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 155. https://doi.org/10.29240/jpd.v4i2.1648.
Setiawan, H., Aji, S. M. W., & Aziz, A. (2020). Tiga Tantangan Guru Masa Depan Sekolah Dasar Inklusif. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 5(2), 241-251.
Sunaryo, & Sunardi. (2011). Manajemen Pendidikan Inklusif (Konsep, Kebijakan, dan Implementasinya dalam Perspektif Pendidikan Luar Biasa). Jurusan PLB FIP UPI, 10(2), 1–15.
Urip, U., & Riwanto, M. A. (2020). Transformasi Sekolah Dasar Abad 21 New Digital Literacy untuk Membangun Karakter Siswa Di Era Global. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak …, 4(1), 1--10. http://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/308
Wardhani, M. K. (2020). Persepsi dan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus dalam Konteks Sekolah Inklusi. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 152–161. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p152-161
Wijaya, S., Supena, A., & Yufiarti. (2023). Implementasi Program Pendidikan Inklusi Pada Sekolah Dasar di Kota Serang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 347–357. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4592
Witono, A. H. (2020). Peran bimbingan dan konseling dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif. Progres Pendidikan, 1(3), 154-167.
Wulandari, R. S., & Hendriani, W. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Inklusi di Indonesia (Suatu Pendekatan Systematic Review). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 143. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3152
Yunaini, N. (2021). Model Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Setting Pendidikan Inklusi. Journal Of Elementary School Education (JOuESE), 1(1), 18–25. https://doi.org/10.52657/jouese.v1i1.1326.
Zuraidah, I., Affandi, L. H., & Jiwandono, I. S. . (2021). Self esteem Peserta Didik dalam Implementasi Pendidikan Inklusi. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(3), 166–172. Retrieved from https://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia/article/view/35