ANALISIS PENANAMAN NILAI KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SD NEGERI GUGUS 8 KECAMATAN PRAYA BARAT

Penulis

  • Ali Aksa Rahman PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Safruddin Safruddin PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Husniati Husniati PGSD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v2i2.364

Kata Kunci:

Penanaman nilai karakter, Pendidikan jasmani, Faktor penghambat, Faktor pendukung

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara penanaman nilai karakter pada mata pelajaran pendidikan jasmani di SD Negeri Gugus 8 Kecamatan Praya Barat. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah cara atau langkah dalam penanaman nilai karakter pada mata pelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar, (2) apa saja hal-hal yang memengaruhi penanaman nilai karakter pada mata pelajaran pendidikan jasmani. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang terdiri dari tahap (1) reduksi data (2) penyajian data (3) verifikasi data, dan menggunakan triangulasi metode sebagai validitas data. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat beberapa cara atau langkah yang dapat dilakukan dalam menanamkan nilai karakter pada mata pelajaran pendidikan jasmani yaitu: (a) guru memperbaiki sikapnya terlebih dahulu (b) membiasakan peserta didik berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran; (c) membiasakan peserta didik baris-berbaris; (d) memaksimalkan setiap rangkaian praktik pembelajaran; (e) modifikasi peraturan permainan pada materi pembelajaran; (f) mempertegas kembali nilai karakter yang terkandung dalam materi pembelajaran pada tahap refleksi pembelajaran; (g) berkoordinasi dengan orang tua wali murid. (2) hal yang memengaruhi penanaman nilai karakter pada mata pelajaran pendidikan jasmani terdiri atas: (a) faktor penghambat yaitu meliputi tradisi budaya tertentu dalam masyarakat, keterbatasan alat dan media, dan kenakalan peserta didik; (b) faktor pendukung yaitu meliputi guru, kesiapan peserta didik, metode dan teknik pembelajaran, serta keterlibatan berbagai pihak.

Referensi

Aprilya, Anggia Prajnaparamita. (2020). Penggunaan Model Inquiry Learning dalam Pembelajaran. Malang: Ahlimedia Press.

Hardani dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Jawa Timur: CV Pustaka Ilmu.

Indrawan, Irjus dkk. (2020). Guru Sebagai Agen Perubahan. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Khairani, D., & Putra, E. D. (2021). Analisis Implementasi Lima Nilai Karakter Pendidikan pada Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247-2255.

Luthviyani, I. R., Setianingsih, E. S., & Handayani, D. E. (2019). Analisis Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Nilai-nilai Karakter Siswa di SD Negeri Pamongan 2. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 113-122.

Rosidatun. (2018). Model Implementasi Pendidikan Karakter. Gresik: Caremedia Comunication.

Sukiyat. (2020). Strategi Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.

Diterbitkan

2021-12-21

Cara Mengutip

Rahman, A. A., Safruddin, S., & Husniati, H. (2021). ANALISIS PENANAMAN NILAI KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SD NEGERI GUGUS 8 KECAMATAN PRAYA BARAT. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 2(2), 92–100. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i2.364

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama