PENYESUAIAN ORGANISASI TEMPAT DUDUK TERHADAP KEBUTUHAN INDIVIDUAL DAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.2108Kata Kunci:
organisasi tempat duduk, kebutuhan siswa, hasil belajar.Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui penyesuaian tempat duduk terhadap kebutuhan individual dan hasil belajar siswa.terutama pada hasil penelitian. Masih terdapat sekolah yang guru didalamnya belum melakukan penyesuaian tempat duduk. Adapun yang menjadi rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penyesuaian struktur organisasi tempat duduk terhadap kebutuhan individual siswa dan bagaimana pengaruhnya penyesuanan organisasi tempat duduk terhadap hasil belajar siswa. Pada penelitian ini peneliti mengambil pada salah satu sekolah dasar di derah Kota Bandung. Dengan sampel yang dilakukan sebagai sumber data adalah siswa kelas 5 sebanyak 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi secara langsung. Waktu pelaksanaan penelitian bulan Oktober-November 2022 pada salah satu sekolah dasar negeri di Kota Bandung. Penyesuaian organisasi tempat duduk dapat membantu menyelesaikan kebutuhan individual siswa, hal ini karena dengan mengatur tempat duduk disesuaikan dengan metode belajar sehingga bisa menganalisis kebutuhan belajar siswa. Dengan pengaturan tempat duduk guru bisa menjangkau semua siswa dengan mengelompokkan siswa sesuai kebutuhan belajarnya, serta menjawab sesuai pada rumusan masalah.Referensi
Baharuddin, B., & Wahyuni, E. N. (2008). Teori belajar dan pembelajaran (Issue April). http://repository.uin-malang.ac.id/6124/
Braun, S. S., van den Berg, Y. H. M., & Cillessen, A. H. N. (2020). Effects of a seating chart intervention for target and nontarget students. Journal of Experimental Child Psychology. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2019.104742
Daly, J. A., & Suite, A. (1981). Classroom seating choice and teacher perceptions of students. Journal of Experimental Education. https://doi.org/10.1080/00220973.1981.11011803
Fiantika, F. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). https://doi.org/10.31237/osf.io/jhxuw
Hermansyah, H., & Muslim, M. (2020). Urgensi Pengembangan Keterampilan Belajar Abad 21 Di Pendidikan Dasar. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 3(2), 184–199. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v3i2.395
Herwina, H., Al Bahij, A., & Sutinah, S. (2021). Kecerdasan Naturalis Dan Intention To Act Terhadap Responsible Environmental Behavior Siswa Sekolah Dasar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.3017
Ilannur, A., Achmad, A., & Marpaung, R. R. T. (2017). Efektivitas Formasi Tempat Duduk Siswa Kelas VII terhadap Hasil Belajar. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 5(7), 1–17.
Lestari, Y., Rohiat, R., & Anggraini, D. (2017). Pengaruh Penataan Tempat Duduk Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sd N 20 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD, 10(1), 61–65. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.1.61-65
Mansyur, T. M. (2013). Pengaruh Pemberian Tugas dan Posisi Tempat Duduk Terhadap Hasil Belajar Statisti Pendidikan. Jurnal Kreatif Tadulako, 26–34. https://media.neliti.com/media/publications/123081-1D-none.pdf
Mardiyah, A., Dewi, R. S., & Almanawara, A. (2020). Ketahanan Duduk Peserta Didik Dalam Proses. 12(2), 125–130.
Mustofa, N. A., Benty, D. D. N., & Kusumaningrum, D. E. (2017). Efek Posisi Tempat Duduk Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Talun Blitar. 1, 1–19. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/10/Artikel-Ilmiah-Nita-A.pdf
No Title. (2018).
Pada, S., Pelajaran, M., Kelas, P., Negeri, S. M. A., Panggabean, E. N., Eddison, A., & Riau, U. (2022). Pengaruh Pengaturan Penataan Tempat Duduk terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI di SMA Negeri 1 Dumai. 1(2), 0–4.
Parlindungan, D. P., & Anandia, Y. (2018). Pengaruh pola tempat duduk terhadap interaksi siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 115–126.
Pomalingo, S., Harun, M., Gorontalo, U. N., Gorontalo, U. N., Gorontalo, U. N., Glasser, J. P., & City, G. (2020). Strategi pengelolaan kelas di sekolah dasar. 7–24.
Prof., D. sugiyono. (2011). prof. dr. sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. intro ( PDFDrive ).pdf. In Bandung Alf (p. 143).
Samiha, S., & Connie, C. (2019). Manajemen Kelas. In Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana (Vol. 13, Issue 2). https://doi.org/10.33369/mapen.v13i2.9681
Saputra, H., & Rizal, M.Pd, M.T, D. F. (2019). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN ANGKATAN 2018. CIVED. https://doi.org/10.24036/cived.v6i3.106223
Sartika, R. (2020). Pengaruh Pengelolaan Tempat Duduk Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Kelas V Sd Negeri 53 Kota Pagar Alam. http://repository.iainbengkulu.ac.id/6224/
Semiawan, C. R. (2010). Download Buku EbookMetode Peneliti an Kualitatif.pdf (p. 145). https://salakanews.com/download/download-ebook-metode-penelitian-kualitatif/
Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2020). Strategi pengelolaan kelas yang efektif dalam menumbuhkan sikap disiplin siswa. 5(1), 586–592.
Wardani, N. K., Sikumbang, D., & Marpaung, R. R. T. (2019). Efektivitas Formasi Tempat Duduk Tipe U dan Chevron Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Bioterdidik, 7(2), 1–12.
Wiwin Herwina, U. S. (2020). Identifikasi Kebutuhan Belajar dan Pengembangan Kurikulum. http://repositori.unsil.ac.id/2865/1/Identifikasi Kebutuhan Belajar dan Pengembangan Kurikulum.pdf