UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MELALUI PENDEKATAN INKUIRI SISWA KELAS 1 SDN TUNJUNG 4
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v3i1.1291Kata Kunci:
Keaktifan siswa, pendekatan inkuiriAbstrak
Penelitian ini dilakukan karena permasalahn yang terjadi pada siswa kelas 1 yaitu keaktifan siswa disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan siswa di kelas 1 dengan menggunakan pendekatan inkuiri ataupun tanpa pendekatan inkuiri. Metode penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 1 di SDN Tunjung 4 Burneh. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Di dalam penelitian ini, pengetahuan dibangun untuk mengetahui dan menyelesaikan suatu permasalahan yang ada di sekolah. Jenis penelitian ini yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan kelas, Berdasarkan hasil yang sudah di paparkan bahwa pada siklus I keaktifan siswa sangat kurang, dimana perolehan informasi atau cara menyampaikan pembelajaran yang diterapkan guru dengan menggunakan model ceramahsedangkan di siklus II siswa sangat antusias dan sangat aktif di kelas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan inkuiri yang diterapkan peneliti dalam proses pembelajaran sangat berpengaruh penting kepada keaktifan siswa, oleh karena itu, untuk pembelajaran yang akan datang lebih mengutamakan pendekatan yang efektif bagi siswa.Referensi
Amri, Sofan. (2015). Implementasi Pembelajaran Aktif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Astuti, W., & Kristin, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 155-162.
Budiarta, I. W., Tastra, D. K., & Suarjana, I. M. (2013). PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEMESTER 2 SD NEGERI 9 BEBANDEM. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).
Moedjiono & Dimyati, M. (1991). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Depdikbud. Mulya, E.(2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sudjana, S HD. (2004). Pendidikan Nonformal, Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah, Teori Pendukung, Azas. Bandung : Penerbit Falah Production.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & R&D. Bandung: Alfabeta.
Zaini, Hisyam dkk. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Madani.