Main Article Content

Devi Sulistiawati
Agung Setyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada muatan matematika materi pecahan. Penelitian ini dilakukan dikelas V SDNU Al-Istiqomah Rejodadi yang merupakan salah satu sekolah swasta di Kabupaten Gresik. Dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan MC. Taggart dengan menerapkan dua siklus penelitian, dengan diberikan tes pra siklus dan akhir siklus sebagai pembanding peningkatan hasil belajar peserta didik. Tiap siklusnya dilakukan dengan satu kali tindakan, dengan satu tindakan dilakukan satu kali pertemuan. Subjek penelitian  yaitu peserta didik kelas V SDNU Al-Istiqomah yang terdiri dari 15 peserta didik dengan 8 siswa laki-laki dan 7 siswi perempuan. Sumber data  terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik dan instrumen pengumpulan data terdiri dari wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumen, dan hasil tes peserta didik. Teknik analisis data penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik muatan matematika materi pecahan kelas V SDNU Al-Istiqomah Rejodadi, Kabupaten Gresik.

Article Details

How to Cite
Sulistiawati, D., & Setyawan, A. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V MATERI PECAHAN: Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 4(1), 77 - 87. https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.1319
References
Agustika, G. N. Sastra, dkk. (2021). “Penguatan Materi Matematika SD untuk Guru-Guru SD di Gugus IV Kecamatan Selemadeg Timur. Jurnal Proceeding Senadimas Undiksha. hlm. 1120.
Arikunto, Suharsimi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hermawan, H. (2006). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: CV. Citra Praya.
Jamil, D. L. K. P. A., & Perdana, P. I. (2023). Peningkatan Keberanian Berpendapat Siswa SD Islam Unggulan Al-Maslachah Sidoarjo melalui Penerapan Model Time Token dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada masa Covid-19. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 11-18.
Jumiati, J., Arjudin, A., & Rosyidah, A. N. (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Blok Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN 10 Mataram. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 1(1), 44-52.
Lubis, L. A., & Gultom, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Materi Pecahan di SDN 104204 Sambirejo Timur TA 2022/2023. Journal on Education, 6(1), 6549-6555.
Mujtahidin. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bangkalan: Universitas Trunojoyo Madura.
Nawawi, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. PENSA, 1(1), 83-95.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. III (II), hlm. 334-335.
Prastiyo, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Kooperatif Jigsaw Pada Materi Pecahan Di Kelas V SDN Sepanjang 2. CV Kekata Group.
Putra, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Sekolah Dasar. Jakad Media Publishing.
Putri, S. A., Destiniar, D., & Sunedi, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 100 Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 1783-1789.
Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Setiawan, H., & Fatimah, S. (2023). Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Video Pembelajaran pada Materi Mari Berhemat Energi Listrik Kelas IV SD. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 47-55.
Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Susanti, K. E., & Firmanita, K. J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 2 Joanyar. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 66-72.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat (1)
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal pendidikan vokasi, 3(2).