HUBUNGAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN 32 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2021/2022

Penulis

  • Nurjanah Nurjanah Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Darmiany Darmiany PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Abdul Kadir Jaelani PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Mansur Hakim PGSD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v3i2.1166

Kata Kunci:

kreativitas mengajar gru, motivasi belajar, siswa keelas 4 SD

Abstrak

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk  mengetahui hubungan kreativitas mengajar guru terhadap  motivasi belajar siswa di Kelas I V  SDN 32 Cakranegaraâ€. Penelitian ini disusun dengan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional tipe kausalitas atau hubungan satu arah diamana penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu hubungan antara kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar yaitu siswa kelas IV SD Negeri 32 Cakranegara yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas A berjumlah 27 siswa dan kelas B berjumlah 28 siswa. Dengan jumlah keseluruhan kelas A dan B adalah sebanyak 55 siswa. Teknik atau metode pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner (angket) dan data hasil penelitian akan dianalisis dengan analisis statistik  deskriptif dan statistic inferensial. Berdasarkan hasil pengujian pearson correlation, menunjukkan adanya hubungan kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 32 Cakranegara tahun ajaran 2021/2022. Memperoleh nilai rhitung > rtabel atau pearson correlation sebesar 0,413 > 0,235  Dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Berada pada kategori kuat pada tabel interpretasi koefisien korelasi nilai r, sehingga dapat dikatakan hasil penelitian ini adalah signifikan.

Referensi

Agung, I. (2010). Meningkatkan kreativitas pembelajaran bagi guru. Jakarta Timur: Bestari Buana Murni.

Herawati, R., Mujahidin, E., & Al Hamat, A. (2019). Hubungan Motivasi Dan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Di Madrasah Aliyah Negeri 4 Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 235-246.

Monawati, M., & Fauzi, F. (2018). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pesona Dasar, 6(2).

Nur'Aliyah, I. (2017). HUBUNGAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. BASIC EDUCATION, 6(8), 792-800.

Octavia, S. A. (2020). Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Yogyakarta: Deepublish.

Ole, A. A., & Makausi, T. D. (2022). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru dan Minat Belajar Siswa. Journal on Education, 5(1), 961-968.

Pasaribu, A. G. (2020). Hubungan Kreativitas Mengajar Pendeta dengan Motivasi Belajar Anak Katekisasi Sidhi. KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen), 6(2), 367-379.

Safitri, R. O. (2017). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Al-Zahra Indonesia (Bachelor's thesis).

Santrock, J. W. (2008). Educational psychology. New York : McGraw-Hill.

Saputri, R. M., Asrin, A., & Ilhamdi, M. L. (2022). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru dengan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Gugus V Mataram Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 197-203.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Wahyuni, Esa Nur. (2020). Motivasi belajar. Yogyakarta: DIVA Perss.

Diterbitkan

2022-12-22

Cara Mengutip

Nurjanah, N., Darmiany, D., Jaelani, A. K., & Hakim, M. (2022). HUBUNGAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN 32 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2021/2022. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.29303/pendas.v3i2.1166

Terbitan

Bagian

Articles