PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SDN PERESAK BEBUAK KECAMATAN KOPANG TAHUN AJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.66Keywords:
Inquiry Learning Model, Understanding the Concept of Science, elementary SchoolsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V SDN Peresak Bebuak Kecamatan Kopang Tahun Aajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre- Experimental Design type one group pretest- posttet Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling dengan jumlah sampel 35 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan jenis paired sample t-test. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai sig. (2-tailed) pemahaman konsep IPA siswa bernilai sama yaitu 0,000 pada taraf signifikansi 5% dengan jumlah N=35. Nilai sig.(2-tailed) tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model Pembelajaran Inkuiri terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas IV di SDN Peresak Bebuak Tahun Ajaran 2020/2021.References
Akbar, Aulia. 2017. Membudayakan Literasi dengan Program 6M di Sekolah Dasar. JPSD. Vol. 3. No. 1, Maret 2017
Handayani, B. S, dkk. 2020. Sosialisasi Pembelajaran Berbasis Kerja Otak dan Implikasinya dalam Pembelajaran di SD Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (JPMS). 2(1):78-83.
Khair, B. N., dkk. 2018. Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Siswa Kelas V SD. Elementary School Education Journal (ELSE). Vol. 2 No. 1 Februari 2018. Kristanto, Y. E. dan Susilo, H. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN. Vol. 22. No. 2, Oktober 2015
Rofiqoh. 2016. Pengaruh Pendekatan Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Mannuruki. Skripsi. UIN Alauddin Makasar.
Sochibin, B, dkk. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terpimpin Untuk Peningkatan Pemahaman dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol. 5 No. Juli 2009. 96-101
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Handayani, B. S, dkk. 2020. Sosialisasi Pembelajaran Berbasis Kerja Otak dan Implikasinya dalam Pembelajaran di SD Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (JPMS). 2(1):78-83.
Khair, B. N., dkk. 2018. Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Siswa Kelas V SD. Elementary School Education Journal (ELSE). Vol. 2 No. 1 Februari 2018. Kristanto, Y. E. dan Susilo, H. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN. Vol. 22. No. 2, Oktober 2015
Rofiqoh. 2016. Pengaruh Pendekatan Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Mannuruki. Skripsi. UIN Alauddin Makasar.
Sochibin, B, dkk. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terpimpin Untuk Peningkatan Pemahaman dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol. 5 No. Juli 2009. 96-101
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
20-12-2020
How to Cite
Hakim, A. R., Ilhamdi, M. L. ., & Jaelani, A. K. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SDN PERESAK BEBUAK KECAMATAN KOPANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 1(2), 134–138. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.66
Issue
Section
Articles