NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERMAINAN TRADISIONAL SUKU SASAK DI DESA BABUSSSALAM GERUNG LOMBOK BARAT

Penulis

  • Tika Safitri PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Lalu Hamdian Affandi PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Moh. Irawan Zain UNIVERSITAS MATARAM

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v3i1.1071

Kata Kunci:

NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER, PERMAINAN TRADISIONAL

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karater yang terdapat dalam permainan tradisional suku sasak di desa babussalaam gerung lombok barat . Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode ethnography. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data Model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan karakter dalam permainan tradisional engklek, permainan tradisional congklak, dan permainan tradisional pati lele. Pada permainan tradisional engklek terintegrasi nilai pendidikan karakter diantaranya cinta damai, beriman dan bertaqwa, cinta lingkungan, cinta tanah air, kerja keras, pembelajar, kreatif, berani, disiplin, kerjasama, solidaritas, kejujuran dan musyawarah. Dengan presentase kemunculan tertinggi yakni karakter mandiri dengan presentase 100%, kemudian karakter religius dengan presentase 75% dan dilanjutkan dengan karakter gotong royong dengan presentase 66%. Pada permainan tradisional congklak terintegrasi nilai pendidikan karakter diantaranya cinta damai, beriman dan bertaqwa, cinta lingkungan, cinta tanah air, kerja keras, pembelajar, kreatif, berani, disiplin, kerjasama, kekeluargaan, kejujuran dan musyawarah. Dengan presentase kemunculan tertinggi yakni karakter mandiri dengan presentase 100%, kemudian karakter religius dengan presentase 75% dan dilanjutkan dengan karakter gotong royong dengan presentase 66%. Pada permainan tradisional pati lele terintegrasi nilai pendidikan karakter diantaranya cinta damai, beriman dan bertaqwa, cinta lingkungan, cinta tanah air, kerja keras, pembelajar, kreatif, disiplin, kerjasama, solidaritas, kejujuran dan musyawarah. Dengan presentase kemunculan tertinggi yakni karakter mandiri dengan presentase 80%, kemudian karakter religius dengan presentase 75% dan dilanjutkan dengan karakter gotong royong dengan presentase 66%. Ketiga permainan tersebut sangat cocok untuk menumbuhkan karakter mandiri, religius dan gotong royong pada pada anak.

Referensi

Aqib, Zainal. (2016). Pendidikan Karakter, Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Bandung: Yrama Widya

Jiwandono, I. S. (2020a). Permainan Tradisional Sebagai Upaya Meningkatkan Karakter Disiplin dan Jujur Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 11-19.

Jiwandono, I. S., & Khairunisa, K. (2020b). Pemanfaatan Nilai-Nilai Filosofis Punakawan Dalam Upaya Penguatan Karakter Mahasiswa. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(1).

Moleong, Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter, Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara

Nurhazannah, S. Y., Musaddat, S., & Setiawan, H. (2022). Analisis Karakter Sosial Pada Teks Cerita Dalam Buku Tematik Kelas V SD/MI Tema Sehat Itu Penting. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 17-26.

Oktaviyanti, I., & Pratiwi, K. I. (2021). Pembangunan Karakter Siswa SD Ditinjau Dari Latar Belakang Kebudayaan di Lereng Gunung Slamet. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 633-648.

Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal

Pratiwi, A., Darmiany, D., & Setiawan, H. (2021). Character education values: is learning process in elementary school implement it?. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 9(2), 267-279.

Rosyidah, A. K., Khair, N., & Husniati, H. Implementasi Nilai-nilai Karakter Matematika yang Terintegrasi Melalui Pembelajaran Konstruktivisme di Perguruan Tinggi. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 13-25.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional .

Diterbitkan

2022-06-23

Cara Mengutip

Safitri, T., Affandi, L. H., & Zain, M. I. (2022). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERMAINAN TRADISIONAL SUKU SASAK DI DESA BABUSSSALAM GERUNG LOMBOK BARAT. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 3(1), 63–76. https://doi.org/10.29303/pendas.v3i1.1071

Terbitan

Bagian

Articles