PEMANFAATAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS I SDN SINDANG MULYA 03 PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN SAMPAI 20

Authors

  • Dean Nurmala SR Universitas Negeri Semarang
  • Nursiwi Nugraheni Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v5i1.3650

Keywords:

flash card, cognitive, addition, substaction, elementary schools student

Abstract

Siswa kelas I SDN Sindang Mulya 03 sering menghadapi masalah berhitung. Menggunakan sumber pembelajaran yang tepat, seperti flash card dengan gambar benda konkret seperti pulpen, meja, kursi, penghapus, dan buku sangat mendukung pemahaman siswa, mengikuti teori perkembangan kognitif anak oleh Jean Piaget. Mengingat siswa kelas I sedang melewati tahap pra operasional ke tahap operasional konkret. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemanfaatan media flash card dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas I SDN Sindang Mulya 03 pada materi yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20, serta mengetahui apakah kemampuan kognitif siswa meningkat sebelum dan sesudah menggunakan media flash card. Penelitian tindakan dengan dua siklus dan satu pertemuan pra-siklus digunakan, dimana subjek penelitiannya adalah 18 orang siswa kelas I. Hasil penelitian membuktikan bahwa pemanfaatan media flash card dapat menjadi alternatif untuk membantu siswa mengoperasikan bilangan sampai 20 (penjumlahan dan pengurangan). Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai siswa pada lembar evaluasi pra-siklus, siklus 1, hingga siklus 2 yang mengindikasikan bahwa pemanfaatan flash card berhasil memperkuat kemampuan kognitif siswa kelas I di SDN Sindang Mulya 03.

References

Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III sekolah dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), 123-133.

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23-32.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117.

Firman, W., & Anhusadar, L. (2022). Peran Guru dalam Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. KIDDO: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 28-37.

Hartati, Y., Ilhamdi, M. L., & Khair, B. N. (2021). PROSES PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MONTESSORI PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UNTUK SISWA KELAS 1 SD. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 2(1), 67 - 71. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.103

Hendra, J. (2012). Meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan dengan pembelajaran matematika realistik pada anak tunagrahita sedang. Jurnal ilmiah pendidikan khusus, 1(2), 213-225.

Hikmawati, N. (2018). Analisa kesiapan kognitif siswa SD/MI. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 6(1), 109-128.

Jatmiko, J. (2018). Kesulitan Siswa Dalam Memahami Pemecahan Masalah Matematika. JIPMat, 3(1).

Made, S. I. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan siswa sekolah dasar. International Journal of Elementary Education, 2(2), 144-155.

Maulidah, R., Satianingsih, R., & Yustitia, V. (2021). Implementasi Media Flash card: Studi Eksperimental untuk Keterampilan Berhitung Siswa. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(1), 7-â.

Mulyorini, & Hariani, S. (2014). PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V SDN NGAGEL REJO I/ 396 SURABAYA.

Nawafilah, N. Q., & Masruroh, M. (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelas III SDN Guminingrejo Tikung Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(01), 37-46.

Pratiwi, V. (2017, April). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Wondershare Quiz Creator Pada Materi Penyusutan Aset Tetap. In Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (Vol. 3, No. 1).

Purwanto, H., & Aminah, S. (2020). Peranan Ingatan dan Implikasinya Dalam Proses Pembelajaran. Journal of education informatic (JeITS, Vol. 2, No. 3.

Ratnasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan media kantong bilangan terhadap hasil belajar matematika penjumlahan bilangan secara bersusun. Basic education, 5(27), 2-571.

Riyanti, A. G. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Flashcard. BASIC EDUCATION, 7(27), 2-602.

Satriana, A., Yunus, M., & Fatmawati, F. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 Sampai 5 Melalui Media Flash card Bagi Siswa Tunagrahita Sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(2).

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.

Sujiono, Y. N., Zainal, O. R., Rosmala, R., & Tampiomas, E. L. (2013). Hakikat Pengembangan Kognitif. Metod. Pengemb. Kogn, 1-35.

Taunu, E. S. H., & Nuhamara, Y. T. I. (2023). Penerapan Alat Peraga Mistar Hitung Bilangan Bulat Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sekolah Luar Biasa Negeri Kanatang. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, 1(3), 91-99.

Utami, F. N. (2020). Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93-101.

Utami, N. A., & Humaidi, H. (2019). Analisis Kemampuan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Pada Siswa SD. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 39-43.

Wahyuni, D. (2005). Pengaruh Kesiapan Belajar, Motivasi Belajar dan Pengulangan Materi Pelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas II MA Al Asror Gunung Pati Tahun Pelajaran 2004/2005. Universitas Negeri Semarang.

Wahyuningsih, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Media Gambar Benda Konkret Pada Paud Darut Taqwa Sidoarjo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya).

Warliah, Y. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan 1 sampai 20 melalui Penggunaan Alat Peraga Siswa Kelas 1 SD Negeri Palasah. JURNAL PGSD UNIGA, 01, 71–80.

Yantik, F., Suttrisno, S., & Wiryanto, W. (2022). Desain Media Pembelajaran Flash card Math dengan Strategi Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3420-3427.

Downloads

Published

11-06-2024

How to Cite

SR, D. N., & Nugraheni, N. . (2024). PEMANFAATAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS I SDN SINDANG MULYA 03 PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN SAMPAI 20. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 5(1), 33–45. https://doi.org/10.29303/pendas.v5i1.3650

Issue

Section

Articles