PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 12 MATARAM TAHUN 2016/2017

Penulis

  • Yuni Fardiah a:1:{s:5:"en_US";s:19:"Universitas Mataram";}
  • Sapiin Sapiin Universitas Mataram image/svg+xml
  • Siti Rohana Hariana Universitas Mataram image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.29303/kopula.v1i1.2567

Kata Kunci:

peningkatan, kemampuan, peta konsep, menulis, laporan perjalana

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis laporan
siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 12 Mataram karena guru tidak menemukan metode
yang sesuai untuk mengajar siswa dalam menulis laporan perjalanan, sedangkan
siswa tidak tertarik dengan dunia tulis menulis. Penelitian ini bermaksud menjelaskan
proses dan hasil peningkatan kemampuan menulis laporan perjalanan siswa kelas
VIII.A SMP Negeri 12 Mataram Tahun Pembelajaran 2016/2017. Pemecahan
masalah dilakukan dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode peta konsep telah berhasil
meningkatkan kemampuan menulis laporan perjalanan siswa kelas VIII.A. Pada
siklus I aktivitas pembelajaran guru mencapai 89% meningkat menjadi 100% pada
siklus II. Pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 59% dan perolehan hasil
belajar rata-rata siswa mencapai 71 dengan ketuntasan belajar 61%. Pada siklus II
aktifitas belajar mengalami peningkatan menjadi 92% dan perolehan hasil belajar
rata-rata siswa mencapai 85 dengan ketuntasan belajar 94%.

Diterbitkan

2019-03-28

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 12 MATARAM TAHUN 2016/2017. (2019). Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 1(1), 55-60. https://doi.org/10.29303/kopula.v1i1.2567

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama