Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Menulis Siswa Pada Materi Teks Prosedur Kelas VI SD Negeri 138429 Tanjung Balai
DOI:
10.29303/kopula.v7i2.7196Published:
2025-08-02Issue:
Vol. 7 No. 2 (2025): OktoberKeywords:
video pembelajaran; hasil menulis; teks prosedur; siswa sekolah dasarArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis siswa pada materi teks prosedur di SD Negeri 138429 Tanjungbalai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap hasil menulis siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest, melibatkan 13 siswa kelas VI sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui tes tulis sebelum dan sesudah perlakuan, kemudian dianalisis menggunakan uji-t berpasangan. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari 58,69 (pretest) menjadi 73,23 (posttest), dengan nilai signifikansi p < 0,05. Temuan ini menunjukkan bahwa video pembelajaran memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis siswa. Oleh karena itu, media video dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam pembelajaran menulis teks prosedur di tingkat sekolah dasar.References
Aulia, H. (2008). Pendidikan dan Perkembangannya. Jakarta: Gramedia.
Widyaningrum, E., dkk. (2018). Media Video Pembelajaran dalam Bahasa Indonesia. Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra, 6(2), 100–110.
Apriansyah, A., Fadillah, R., & Suraya, R. (2020). Penggunaan Media Video dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 45–56.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Busyaeri, U., Udin, T., & Zaenudin, A. (2021). Efektivitas Media Video dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 99–110.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2008). Panduan Penggunaan Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Dwyer, F. M. (1978). Strategies for Improving Visual Learning. State College: Learning Services.
Hadi, S. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Edukasi, 15(2), 66–74.
Hardiyanti, N., & Wahyu, R. (2017). Analisis Penggunaan Media Video dalam Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1), 20–28.
Intiana, T. (2014). Teks Prosedur dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(2), 85–92.
Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.
Kristiani, A., Sriasih, W., & Astika, G. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 55–63.
Mahsun. (2014). Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. Jakarta: Rajawali Pers.
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Putri, D. R. (2019). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 45–53.
Rosyid, A., dkk. (2019). Efektivitas Media dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(1), 1–10.
Rusmini. (2018). Kesulitan Menulis Teks Prosedur. Jurnal Pembelajaran Bahasa Indonesia, 6(1), 30–40.
Sari, N., & Nuraidah, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 7(2), 75–82.
Sukiman. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Wahab, A., dkk. (2021). Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.
Author Biographies
Sanrais Josua Saragih Sanrais, Universitas Negeri Medan
Suherlinda, Universitas Negeri Medan
Santa Hoky Hutagalung, Universitas Negeri Medan
Uci Rahmadhani, Universitas Negeri Medan
Fitriani Lubis, Universitas Negeri Medan
License
Copyright (c) 2025 Sanrais Josua Saragih Sanrais, Suherlinda, Santa Hoky Hutagalung, Uci Rahmadhani, Fitriani Lubis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).