Pengaruh Pemahaman Bahasa Indonesia dan Literasi Pada Pembelajaran Sains Sebagai Alat Komunikasi Ilmiah Berbasis Literatur
DOI:
10.29303/kopula.v7i1.6383Published:
2025-03-29Issue:
Vol. 7 No. 1 (2025): MaretKeywords:
Literasi sains, bahasa Indonesia, komunikasiArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh pemahaman bahasa bahasa Indonesia dan literasi sebagai alat komunikasi ilmiah, khususnya pada pembelajaran sains. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan eksplorasi, dengan fokus pada analisis moto berbagai literatur terkait. Penelitian teoritis dilakukan pada tiga aspek utama yaitu (1) Bahasa Indonesia dalam konteks ilmiah. (2) Pembelajaran sains dan literasi yang berfokus pada pendekatan strategi pembelajaran sains. (3) Analisis dampak pemahaman bahasa Indonesia dalam pembelajaran sains. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ejaan bahasa Indonesia dalam penulisan karya tulis ilmiah secara benar masih jauh dari yang diharapkan karena banyaknya dijumpai kesalahan dalam pemakaiannya. Kemampuan literasi sains peserta didik di Indonesia tergolong rendah. Selama tujuh kali keikutsertaan dalam asesmen PISA, Indonesia selalu berada pada sepuluh peringkat terbawah dari sejumlah negara partisipan lainnya, bahkan skor literasi sains peserta didik Indonesia tahun 2018 mengalami penurunan dibandingkan tahun 2015. Menanamkan kesadaran, mengasah kemampuan dalam memahami bahasa Indonesia yang baik dan benar sejak dini, dapat meningkatkan kemampuan literasi dan menulis generasi muda Indonesia menjadi semakin baik hingga mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dari sebelumnya.References
Aniyah, A. A. N., Siahaan, F. I., Nurkhofifah, I., & Febriana, I. (2024). Analisis Keanekaragaman Biologi dalam Konteks Penggunaan Bahasa Indonesia: Upaya Peningkatan Literasi Sains di Kalangan Pelajar. Jurnal Biologi, 1(3), 1-7.
Daniah, D. (2020). Pentingnya inkuiri ilmiah pada praktikum dalam pembelajaran IPA untuk peningkatan literasi sains mahasiswa. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1).
Dianto, I. (2019). Penulisan Ilmiah Murni dan Populer (Teori dan Praktik). Al-Mau'izhah: Jurnal Ilmu Keislaman Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5 (1), 85–101. Diambil dari http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/AlMauizhah/article/view/1690
Ecca, S., & Hanafi, M. (2025). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa: Fokus Pada Slow Learner Di Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 12(1), 81-93.
Fauzah & Sundary, L. (2024). Studio Analisis Perkembangan Bahasa Indonesia di Era Digital. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(3), 11295-11303.
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116.
Hasana, H. (2022). Fungsi Dan Peran Bahasa Indonesia Dalam Penulisan Ilmiah. Jurnal Literasiologi, 8 (4). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i4.391
Hidayat, P. (2014). Pentingnya Konsep Dasar Sains Pada Pendidikan Tingkat Sdmi Dalam Mengejar Kemajuan Teknologi. Al Bidayah, 6(2), 273-289.
Irwan, A. P. (2020). Analisis kemampuan literasi sains pesrta didik ditinjau dari kemampuan menyelesaikan soal fisika di SMAN 2 Bulukumba. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 15(3), 319149.
Jufrida, J., Basuki, F. R., Pangestu, M. D., & Prasetya, N. A. D. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ipa Dan Literasi Sains Di Smp Negeri 1 Muaro Jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(02), 31-38.
Kusumaningrum, K. (2019). Publikasi Dan Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah Berdasarkan Gaya Selingkung. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta, 1–7.
Monika, D., Watini, S., & Ardana, A. (2024). Peran program kelas dalam membina literasi sains pada anak usia dini. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 2(2), 176-187.
Naila, M. A., Azizah, S. N., & Lubis, F. (2024). Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar pada Proses Belajar Mengajar Kelas 11 IPA 5 SMAN 5 Medan. Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation, 1(2), 557-563.
Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya literasi sains pada pembelajaran IPA SMP abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(1), 24-29.
Revita, Y., Marsidin, S., & Sulastri, S. (2023). Peran bahasa dalam penerapan ilmu pengetahuan. Journal on Education, 5(2), 2981-2987.
Riswandani, M. A., & Safrina, N. P. (2024). Melatih Kemampuan Komunikasi Ilmiah Melalui Pembelajaran Inkuiri Dengan Strategi Argument Mapping. In Proceeding Seminar Nasional IPA (pp. 332-339).
Sinyanyuri, S., Utomo, E., Sumantri, M. S., & Iasha, V. (2022). Literasi sains dan asesmen kompetensi minimum (AKM): Integrasi bahasa dalam pendidikan sains. Jurnal Basicedu, 6(1), 1331-1340.
Siregar, M. A., Andini, N. P., Gukguk, N. J. R., Gaol, R. A. M. L., Silaen, M., Febrina, I. (2024). Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Baku dalam Konteks Rumpun Biologi: Upaya Meningkatkan Keterbacaan dan Konsistensi Terminologi Ilmiah. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni (JISHS), 2(3), 393-402
Sitanggang, N. D. H., Sanjayanti, A., Aqil, D. I., & Widiyaputra, F. (2024). Peran Literasi Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMP. Warta Dharmawangsa, 18(2), 580-589.
Sukardi, A. (2020). Literasi sains dan materi pembelajaran bahasa Indonesia. Universitas Islam Malang.
Susetyo, S., Basuki, R., & Noermanzah, N. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan Melalui Pelatihan Menulis Artikel Jurnal Ilmiah. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat , 2 (1), 28–34. https://doi.org/10.24036/abdi.v2i1.35
Yusmar, F., & Fadilah, RE (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13 (1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283
Author Biographies
Mayfa Dwi Arvi, Universitas Negeri Medan
Ika Febriana, Universitas Negeri Medan
Nuha Febry Anisa, Universitas Negeri Medan
Tiwi Cahyani Marpaung, Universitas Negeri Medan
Indah Maysaroh Siagian, Universitas Negeri Medan
Irene Paulina Napitupulu, Universitas Negeri Medan
License
Copyright (c) 2025 Mayfa Dwi Arvi mayfa, Ika Febriana, Nuha Febry Anisa, Tiwi Cahyani Marpaung, Indah Maysaroh Siagian, Irene Paulina Napitupulu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).