Peran Pendidikan Moral Novel Dilan Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 Karya Pidi Baiq dalam Pembentukan Karakter Remaja

Authors

Dewi Astuti , Keysha Elia Putri Febryanti , Esti Ambarwati , Titik Sudiatmi

DOI:

10.29303/kopula.v7i1.6272

Published:

2025-03-28

Issue:

Vol. 7 No. 1 (2025): Maret

Keywords:

pendidikan moral, pembentukan karakter, media pendidikan

Articles

Downloads

How to Cite

Dewi Astuti, Keysha Elia Putri Febryanti, Esti Ambarwati, & Titik Sudiatmi. (2025). Peran Pendidikan Moral Novel Dilan Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 Karya Pidi Baiq dalam Pembentukan Karakter Remaja. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 7(1), 172–179. https://doi.org/10.29303/kopula.v7i1.6272

Abstract

Pendidikan moral dan pembentukan karakter merupakan dua hal fundamental yang perlu ditanamkan sejak dini dalam kehidupan seseorang. Pendidikan moral tidak hanya terbatas pada pembelajaran di ruang kelas, melainkan juga dapat diperoleh dari berbagai media, termasuk sastra. Oleh karena itu, artikel ini berupaya mengkaji bagaimana novel Dilan Dia Adalah Dilanku tahun 1990 berperan dalam menyampaikan nilai-nilai moral yang dapat membantu membentuk karakter positif pada pembacanya. Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan wawasan bagi pembaca tentang peran penting sastra sebagai media pendidikan moral yang efektif. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi untuk menggali makna dan peran pendidikan moral dalam novel Dilan Dia Adalah Dilanku tahun 1990 karya Pidi Baiq. Beberapa nilai moral utama yang dianalisis dalam novel ini meliputi cinta dan persahabatan, rasa hormat dan tanggung jawab, serta keberanian untuk menjadi diri sendiri. Novel Dilan Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 merupakan karya yang mengisahkan perjalanan cinta dan persahabatan melalui kisah sederhana yang sangat relevan bagi kehidupan remaja. Melalui cerita ini, pembaca diajak memahami berbagai nilai moral, seperti kehangatan dalam persahabatan, sikap hormat terhadap orang tua dan teman, tanggung jawab dalam menjalin hubungan, serta keberanian untuk menjadi diri sendiri. Dengan memetik pelajaran dari cerita ini, remaja dapat memperkaya pengalaman moral mereka dan tumbuh menjadi pribadi yang lebih beretika, bertanggung jawab, serta siap menghadapi dinamika dalam pergaulan

References

Amalia, S., Jumadi, & Dewi, D. W. C. (2023). Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa. Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa, 1(4), 1–14. https://ejournal.warunayama.org/index.php/argopuro/article/view/1107

Charis Christiani, & R Permadi Mulajaya. (2024). Remaja, Masalah dan Penanggulangannya. Jurnal Suara Pengabdian 45, 3(1), 08–16. https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v3i1.1414

Faiz, A., & Purwati. (2022). Peran guru dalam pendidikan moral dan karakter. Journal Education and Development, 10(2), 315–318.

Julaiha, S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Dinamika Ilmu, 14(2), 226–239. https://doi.org/10.21093/di.v14i2.15

Putri, T. J., Maryam, Y., & Firmansyah, D. (2018a). Analisis nilai moralitas pada tokoh utama dilan dalam novel Dilan (Dia Adalah Dilanku tahun 1990) karya Pidi Baiq. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(6), 929–936.

Putri, T. J., Maryam, Y., & Firmansyah, D. (2018b). Analisis nilai moralitas pada tokoh utama dilan dalam novel Dilan (Dia Adalah Dilanku tahun 1990) karya Pidi Baiq. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(6), 929–936.

Widayati, M., Sudiatmi, T., & Oktaviani, I. (n.d.). PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL DAUN YANG JATUH TAK PERNAH MEMBENCI ANGIN KARYA TERE LIYE KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA.

Wulandari, R. A. (2015). Sastra dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(2), 63–73.

Author Biographies

Dewi Astuti, UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA

Keysha Elia Putri Febryanti, UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA

Esti Ambarwati, UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA

Titik Sudiatmi, UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA

License

Copyright (c) 2025 Dewi Astuti, Keysha Elia Putri Febryanti, Esti Ambarwati, Titik Sudiatmi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.