Bentuk Dan Fungsi Ragam Bahasa Prokem Di Kalangan Remaja Nyurlembang Daya Kec. Narmada Lombok Barat

Authors

Ahmad Sam'un , Selamet Riadi , Idham

DOI:

10.29303/kopula.v7i1.6151

Published:

2025-03-29

Issue:

Vol. 7 No. 1 (2025): Maret

Keywords:

bentuk, fungsi, bahasa, prokem

Articles

Downloads

How to Cite

Sam’un, A., Riadi, S., & Idham. (2025). Bentuk Dan Fungsi Ragam Bahasa Prokem Di Kalangan Remaja Nyurlembang Daya Kec. Narmada Lombok Barat. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 7(1), 235–243. https://doi.org/10.29303/kopula.v7i1.6151

Abstract

Usia remaja  merupakan  masa  labil, namun  penuh  dengan  kreatifitas.  Salah satu bentuk  kreatifitas  mereka,  terutama   berkaitan   dengan   bahasa  adalah membuat bahasa-bahasa  sandi yang disebut ragam bahasa prokem. Bagi remaja Nyurlembang Daya ragam  bahasa  ini merupakan  sarana kebahasaan  efektif yang digunakan  untuk mengomunikasikan persoalan-persoalan pribadi mereka  yang  bersifat  rahasia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan bentuk dan fungsi ragam bahasa prokem yang dituturkan apa adanya oleh remaja Nyurlembang Daya. Terdapat tiga tahapan dalam metode penelitian ini, yaitu tahap pengumpulan data, analisis, dan penyajian hasil analisis data. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan dua metode pengumpulan data yang dipilih, yaitu metode observasi dan wawancara. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan  teknik distribusional. Hasil   penelitian   menunjukkan bahwa  pembentukan   ragam   bahasa   prokem   di kalangan   remaja Nyurlembang    Daya   dilakukan   dengan   penghilangan    vokal, konsonan, atau  silabel;  penggantian   vokal  atau  konsonan;   penambahan   vokal, konsonan,   dan  silabel;   metatesis.  Sedangkan   tujuan dan fungsi  ragam bahasa prokem yang mereka  buat umumnya  ingin menyembunyikan tema atau topik yang mereka bicarakan  dari  orang lain.

References

Alwasilah, A. Chaedar. 2003. Pokoknya Kualitatif. Jakarta: PT Kiblat Buku.

Arikunto, Suharsini. 1987. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara.

Chaer, Abdul. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

___________.2006. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Rineka Cipta

Djajasudarma, Fatimah. 1993. Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT Ersesco.

Endah, Septiara. 2009. Penggunaan Bahasa Prokem Dalam Komunitas Bahasa Jawa Siswa SMP N 1 Purbalingga. Skripsi: Universitas Negeri Semarang. Diakses pada tanggal 08 Agustus 2022 tersedia di https://lib.unnes.ac.id/ 2487/1/4645.pdf.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik Edisi Keempat. Jakarta: PT.Gramedia.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Moleong, Lexy. 1989. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Pranowo. (1996). Analisis Pengajaran Bahasa. Jogjakarta: UGM Pres.

Rahardja, Prathama dan Henri Chambert-Loir. 1988. Kamus Bahasa Prokem. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti

Sugono, D., dkk. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Zul, Eka. 2009. Analisis Bahasa Prokem di Kalangan Remaja Kotagede: Universitas Negeri Yogyakarta.

Author Biographies

Ahmad Sam'un, Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu

Selamet Riadi, Universitas Qamarul Huda Badaruddin (UNIQHBA) Bagu

Idham, Universitas Qamarul Huda Badaruddin (UNIQHBA) Bagu

License

Copyright (c) 2025 Ahmad Sam'un, Selamet Riadi, Idham

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.