Faktor Kebahasaan dan Nonkebahasaan sebagai Penunjang Berbicara dalam Pidato Mendikbudristek Nadiem Makarim Soal Pendidikan RI

Authors

Hanna Hanifa Hira , Hilwa Tsamarah , Dina Inayah , Hindun

DOI:

10.29303/kopula.v7i1.6216

Published:

2025-03-26

Issue:

Vol. 7 No. 1 (2025): Maret

Keywords:

Faktor Linguistik, Non Linguistik, Pidato Pendidikan

Articles

Downloads

How to Cite

Hira, H. H. ., Hilwa Tsamarah, Dina Inayah, & Hindun. (2025). Faktor Kebahasaan dan Nonkebahasaan sebagai Penunjang Berbicara dalam Pidato Mendikbudristek Nadiem Makarim Soal Pendidikan RI. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 7(1), 142–152. https://doi.org/10.29303/kopula.v7i1.6216

Abstract

Pidato merupakan salah satu bentuk komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pemikiran dan gagasan tentang pendidikan. Namun untuk menyampaikan pidato yang baik diperlukan berbagai faktor pendukung baik linguistik maupun nonlinguistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dalam berpidato tentang pendidikan di Indonesia khususnya Nadiem Makarim, Bapak Pendidikan Republik Indonesia tahun 2024. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik catat, mengambilnya dari video YouTube dan menganalisisnya. Sumber data hasil video channel YouTube bernama SINDOnews dengan judul ‘‘Pidato Mendikbud Nadiem Makarim Soal Pendidikan RI’’, dimuat pada 2 Mei 2024 berdurasi empat menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kebahasaan seperti keakuratan tuturan (sistem bunyi), penempatan tekanan, nada, sambungan, dan durasi, pilihan kata (diksi), serta kalimat efektif berperan penting dalam menunjang tuturan keberhasilan tujuan pidato. Selain itu, terdapat pula faktor nonlinguistik seperti sikap yang wajar, tenang, dan tidak kaku, kontak mata atau tatapan mata wajib ditujukan terhadap lawan, kemauan menghargai pendapat orang lain, gerakan dan ekspresi wajah yang tepat, kenyaringan bunyi, kehalusan, relevansi/penalaran. Penguasaan topik atau materi pembicara serta berperan dalam meningkatkan kualitas tuturan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada Pidato Nadim Makarim terdapat penunjang berpidato dari faktor Kebahasaan dan Nonkebahasaan. Dalam pidato yang disampaikan 99% keberhasilan pidato yang disampaikan melalui faktor kebahasan karena semakin baik pemilihan kata dapat mempengaruhui pendengar untuk selalu semangat menempuh Pendidikan. Keduanya saling berkaitan untuk satu komponen utuh penunjang keterampilan berbicara.

References

Abidin, Y. Z. (2018). Pengantar Retorika. Jakarta: Pustaka Setia.

Aristoteles. (2018). Retorika. Yogyakarta: BASABASI.

Febriyanto, B. (2016). Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). doi:doi: 10.31949/jcpv2i2.763.

Hamied, F. (2017). Research Methods: a Guide for First-Time Researchers. Bandung: UPI PRESS.

Hikmatin, T. (2020). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(3).

Idami, Z. (2015). Using Cooperative Integrated Reading and Composition to Teach Writing. English Education Journal (EEJ), 6(4).

Raharjo, F. S. (2019). The master Book of Personal Branding Seni Membangun Merek Diri dengan Teknik Berbicara. Yogyakarta: Quadrant.

Saputra, R. A. (2024). Retorika Teori dan Teknik Praktis Seni Berbicara di Era Digital. Banyumas: Wawasan ilmu.

SINDOnews, (2024, 2 Mei). "Pidato Mendikbud Ristek Nadiem Makarim Soal Pendidikan RI: Arahnya Sudah Benar, tapi Belum Selesai’’. YouTube. https://youtu.be/wkHsqPiqpBg?si=a0-jSYm19C5ip-wm.

Sunendar, D. (2014). Implementasi Metode Ecriture Créative Berbasis Budaya Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Perancis Level B1 DELF. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(2).

Susanti, S. (2024). Retorika dalam Public Speaking. Padang: CV. Gita Lentera.

Wahid, dkk., (2022). Analisis Gaya Bahasa Pada Postingan Akun Instagram Kumpulan Puisi @Kumpulan_Puisi. Jurnal Lingua Rima, 11(2). Retrieved from https://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm/article/download/6675/3451

Waliy, G. A. (2023). Analisis Retorika Dakwah Digital di Media Sosial (Studi pada Kanal YouTube @JedaNulis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Retrieved from http://repository.upi.edu/106843/

Wiyanto, A. (2006). Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: Grasindo.

Author Biographies

Hilwa Tsamarah, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Dina Inayah, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Hindun, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

License

Copyright (c) 2025 Hanna Hanifa Hira, Hilwa Tsamarah, Dina Inayah, Hindun

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.