Kepribadian Tokoh Nyonya Komala dalam Naskah Drama Peti Mati Karya Yessi Anwar: Kajian Psikologi Perspektif Abraham Maslow
DOI:
10.29303/kopula.v2i2.2736Published:
2020-10-22Issue:
Vol. 2 No. 2 (2020): OktoberKeywords:
kepribadian, naskah drama, psikologi sastra.Articles
Downloads
How to Cite
Hadriansyah, M., Syahbudin, S., & Syahbudin, khairussibyan. (2020). Kepribadian Tokoh Nyonya Komala dalam Naskah Drama Peti Mati Karya Yessi Anwar: Kajian Psikologi Perspektif Abraham Maslow. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 2(2), 54–65. https://doi.org/10.29303/kopula.v2i2.2736
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepribadian tokoh Nyonya Komala dalam naskah drama Peti Mati karya Yessi Anwar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif naratif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunkan dua metode, yaitu metode studi pustaka dan metode dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan kajian teori psikologi humanistik perspektif Abraham Maslow, yaitu pada bagian hierarki kebutuhan dan teori kepribadian. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, terdapat 59 (lima puluh sembilan) data dari berbagai kutipan prolog, dialog, dan epilog. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepribadian tokoh Nyonya Komala dibagi menjadi dua jenis kepribadian, yaitu kepribadian yang sehat (Metaneeds) dan kepribadian yang tidak sehat (Metapologis). Dua jenis kepribadian ini dianalisis berdasarkan lima kebutuhan dasar manusia, yaitu kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri. Dari kelima kebutuhan tersebut, dapat diketahui bahwa kepribadian sehat (Metaneeds) yang dimiliki oleh tokoh Nyonya Komala lebih dominan kepada tokoh Mbok, Pak Mardi, teman-teman arisan, dan seorang dukun. Sedangkan kepribadian tidak sehat (Metapologis) yang dimiliki oleh tokoh Nyonya Komala, yaitu lebih dominan kepada tokoh Tuan Urip. Berdasarkan dari dua teori kepribadian Abraham Maslow dan dari lima kebutuhan dasar tersebut, bahwa tokoh Nyonya Komala memiliki jenis kepribadian yang disebut sebagai kepribadian Neuroticism. Jenis kepribadian Neuroticism mempengaruhi positif tokoh Nyonya Komala. Neuroticism merefleksikan kepribadian pada pengalaman emosi yang negatif, seperti kemarahan, ketakutan, kesedihan, kecemburuan, ketidakpastian, dan emosi buruk lainnya. Tokoh Nyonya Komala memiliki jenis kepribadian Neuroticism bahwa ia tidak stabil mengatur emosi ketika menghadapi kenyataan rumah tangga.References
Aini, J., Burhanuddin, Saharudin. 2021. Konstruksi Perempuan Dalam Lagu-Lagu Berbahasa Sasak: Studi Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(3).
Aji, Deni Cahyo. 2019. “Analisis Psikologi Kepribadian Humanistik Tokoh Utama Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi dan Kelayakannya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMAâ€. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Damayanti, S., Johan Mahyudi, dan Burhanuddin. 2022. Morfologi Cerita Wadu Ntanda Rahi Model Analisis Vladimir Propp. Jurnal Ilmiah Mandala Education 8 (2)
Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model,Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta. Center for Academic Publishing Service.
Goble, Frank G. 1987. Mazhab Ketiga Psikologi Humanistik Abraham Maslow.Yogyakarta. Penerbit Kanisius.
Graham, Helen. 2005. Psikologi Humanistik Dalam Konteks Sosial, Budaya, dan Sejarah. Yogyakarta. Pustaka Pelajar Offset.
Hariati. 2017. “Analisis Psikologi Tokoh Utama (Arini) Dalam Novel Surga Yang Tak Dirindukan Karya Asma Nadilaâ€. Skripsi. Mataram. Universitas Mataram.
Hasanuddin. 2015. Drama Karya Dalam Dua Dimensi: Kajian Teori, Sejarah, dan Analisis. Bandung: CV Angkasa.
Hidayat, Aziz Alimul. 2006. Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia: Aplikasi, Konsep, dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Khalik, Ismail. 2019. “Dinamika Kepribadian Tokoh Kapten Leo Dalam Naskah Drama Lautan Bernyanyi Karya Putu Wijaya Dan Kaitannya Dengan Pembelajaran Sastra di SMAâ€. Skripsi. Mataram: Universitas Mataram.
Marhiyanto, Bambang. 2015. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta. Victory Inti Cipta.
Minderop, Albertine. 2018. Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Musman, Asti. 2019. Seni Berdamai Dengan Emosi: Ternyata Mengolah Emosi Itu Mudah, Kalau Tahu Caranya. Yogyakarta. Unicorn Publishing.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta. Gajah Mada University Press.
Nurmalayani, A., Burhanuddin, dan Mahyudi, J. 2020. Burhanuddin, dan Mahyudi, J. 2020. Traces of History in Tere Liye’s Novels Towards the Development of Teaching Material for Historical Texts Teaching in High School. Proceedings of the 1st Annual Conference on Education and Social Sciences.
Nurmalayani, A., Burhanuddin, dan Mahyudi, J. 2021. Fakta Kemanusiaan dalam Novel tentang Kamu Karya Tere Liye yang Mencerminkan Sejarah PKI: Kajian Strukturalisme Genetik Lucien Goldmann. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1).
Pramayoza, Dede. 2013. Dramaturgi Sandiwara: Potret Teater Populer Dalam Masyarakat Poskolonial. Yogyakarta. Penerbit Ombak.
Putri, Tabita Nugrahani. 2020. Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Pecum Mahakam Karya Yatie Asfan Lubis: Kajian Psikologi Sastra. Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Ratna, Nyoman Kutha. 2015. Teori Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Ratna, Nyoman Kutha. 2016. Metodologi Penelitian: kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Safitri, E. dkk. 2023. Kata-kata Bermakna Konotasi dalam Lirik Sakeco Sumbawa. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11(1).
Santosa, Eko, dkk. 2008. Seni Teater Jilid 1 Untuk SMK Kelas X. Jakarta. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Santosa, Eko, dkk. 2008. Sent Teater Jilid 2 Untuk SMK Kelas XI. Jakarta. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Siswantoro. 2005. Metode Analisis Sastra: Analisis Psikologis. Surakarta. Muhammadiyah University Press.
Suherli, dkk. 2017. Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Swari, Neni Widya. 2013. Kajian Psikologi Humanis Tokoh Utama Baiq Raihan dalam Novel Sesak Cinta Di Tanah Sasak Karya Aji Turmudzi dan Kaltannya dengan Pembelajaran Sastra di SMA. Mataram. Universitas Mataram.
Yusuf, Syamsu, dan Juntika Nurihsan. 2008. Teori Kepribadian. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Aji, Deni Cahyo. 2019. “Analisis Psikologi Kepribadian Humanistik Tokoh Utama Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi dan Kelayakannya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMAâ€. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Damayanti, S., Johan Mahyudi, dan Burhanuddin. 2022. Morfologi Cerita Wadu Ntanda Rahi Model Analisis Vladimir Propp. Jurnal Ilmiah Mandala Education 8 (2)
Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model,Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta. Center for Academic Publishing Service.
Goble, Frank G. 1987. Mazhab Ketiga Psikologi Humanistik Abraham Maslow.Yogyakarta. Penerbit Kanisius.
Graham, Helen. 2005. Psikologi Humanistik Dalam Konteks Sosial, Budaya, dan Sejarah. Yogyakarta. Pustaka Pelajar Offset.
Hariati. 2017. “Analisis Psikologi Tokoh Utama (Arini) Dalam Novel Surga Yang Tak Dirindukan Karya Asma Nadilaâ€. Skripsi. Mataram. Universitas Mataram.
Hasanuddin. 2015. Drama Karya Dalam Dua Dimensi: Kajian Teori, Sejarah, dan Analisis. Bandung: CV Angkasa.
Hidayat, Aziz Alimul. 2006. Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia: Aplikasi, Konsep, dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Khalik, Ismail. 2019. “Dinamika Kepribadian Tokoh Kapten Leo Dalam Naskah Drama Lautan Bernyanyi Karya Putu Wijaya Dan Kaitannya Dengan Pembelajaran Sastra di SMAâ€. Skripsi. Mataram: Universitas Mataram.
Marhiyanto, Bambang. 2015. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta. Victory Inti Cipta.
Minderop, Albertine. 2018. Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Musman, Asti. 2019. Seni Berdamai Dengan Emosi: Ternyata Mengolah Emosi Itu Mudah, Kalau Tahu Caranya. Yogyakarta. Unicorn Publishing.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta. Gajah Mada University Press.
Nurmalayani, A., Burhanuddin, dan Mahyudi, J. 2020. Burhanuddin, dan Mahyudi, J. 2020. Traces of History in Tere Liye’s Novels Towards the Development of Teaching Material for Historical Texts Teaching in High School. Proceedings of the 1st Annual Conference on Education and Social Sciences.
Nurmalayani, A., Burhanuddin, dan Mahyudi, J. 2021. Fakta Kemanusiaan dalam Novel tentang Kamu Karya Tere Liye yang Mencerminkan Sejarah PKI: Kajian Strukturalisme Genetik Lucien Goldmann. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1).
Pramayoza, Dede. 2013. Dramaturgi Sandiwara: Potret Teater Populer Dalam Masyarakat Poskolonial. Yogyakarta. Penerbit Ombak.
Putri, Tabita Nugrahani. 2020. Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Pecum Mahakam Karya Yatie Asfan Lubis: Kajian Psikologi Sastra. Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Ratna, Nyoman Kutha. 2015. Teori Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Ratna, Nyoman Kutha. 2016. Metodologi Penelitian: kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Safitri, E. dkk. 2023. Kata-kata Bermakna Konotasi dalam Lirik Sakeco Sumbawa. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11(1).
Santosa, Eko, dkk. 2008. Seni Teater Jilid 1 Untuk SMK Kelas X. Jakarta. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Santosa, Eko, dkk. 2008. Sent Teater Jilid 2 Untuk SMK Kelas XI. Jakarta. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Siswantoro. 2005. Metode Analisis Sastra: Analisis Psikologis. Surakarta. Muhammadiyah University Press.
Suherli, dkk. 2017. Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Swari, Neni Widya. 2013. Kajian Psikologi Humanis Tokoh Utama Baiq Raihan dalam Novel Sesak Cinta Di Tanah Sasak Karya Aji Turmudzi dan Kaltannya dengan Pembelajaran Sastra di SMA. Mataram. Universitas Mataram.
Yusuf, Syamsu, dan Juntika Nurihsan. 2008. Teori Kepribadian. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Author Biographies
Muhammad Hadriansyah, a:1:{s:5:"en_US";s:60:"1Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Mataram";}
Syahbudin Syahbudin, Universitas Mataram
khairussibyan Syahbudin, Universitas Mataram
License
Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).