Main Article Content

Bambang Youiswanto Nurul Huda

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar, penilaian sikap,  aktivitas guru dan siswa, dan respon siswa pada pembelajaran menulis poster menggunakan Resik bermedia ‘Gadis’. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK), meliputi rencana tindakan, pelaksanaan dan pengamatan tindakan, dan refleksi tindakan melalui dua siklus. Jenis data yang dikumpulkan adalah kualitatif dan kuantitatif yang bersumber dari guru dan siswa. Hasil analisis setiap siklus, hasil belajar siswa yang tuntas siklus I sebanyak 28 atau  70% sedangkan siklus II sebanyak 36 atau 90%. Nilai rata-rata siswa siklus I adalah 82 sedangkan siklus II adalah 86. Hasil penilaian sikap, siswa yang tuntas siklus I sebanyak 18 atau 45% sedangkan siklus II sebanyak 30 atau 75%. Nilai rata-rata siswa siklus I adalah 74 sedangkan siklus II adalah 79. Siswa yang dinyatakan tuntas atau memperoleh predikat  A dan B atau kualifikasi sangat baik dan baik pada siklus I berjumlah 18 atau 45% sedangkan siklus II berjumlah 30 atau 75%. Hasil observasi aktivitas guru positif muncul pada siklus I sebanyak 15 atau 94,5% sedangkan siklus II 18 atau 100%. Hasil observasi aktivitas siswa yang positif siklus I sebanyak 8 atau 73,4% sedangkan siklus II sebanyak 10 atau 100%, Hasil respon siswa yang positif pada siklus I sebanyak 4 atau 50% sedangkan siklus II sebanyak 8 atau 100%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis poster menggunakan model ‘Resik’ bermedia ‘Gadis’ pada siswa kelas VIIID  SMP Negeri 2 Mataram 2008/2009 berjalan dengan baik

Article Details

References
Akhadiah, Sabarti, dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Hasanuddin. 2008. Upaya Meningkatkan Kompetensi Menulis Laporan Perjalanan dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Prosedi Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 2 Mataram. FKIP Unram, Mataram.. Penelitian Tindakan Kelas Tidak Dipublikasikan
Ibrahim, M., dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA University Press.
Imam dkk. 2004. Materi pelatihan terintegrasi kurikulum KBK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Keraf, Gorys. 1986. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.
Sampurno, Adi. 2003: Menulis: Modul Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Soedjadi, R. 2001. Pemanfaatan Realitas dan Lingkungan dalam Pembelajaran Matematika. Makalah, yang disampaikan pada Seminar Nasional RME di UNESA Surabaya, 24 Februari 2001.
Subana, M dan Sunarti, 1998. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Suradi, 2005. Interaksi Siswa SMP dalam Belajar Matematika Secara Kooperatif. Laporan Penelitian Disertasi, PPs UNESA Surabaya.
Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya . Surabaya. SIC
Tahmir, Suradi. 2008. Model Pembelajaran Resik sebagai Strategi Mengubah Paradigma Pembelajaran Matematika di SMP yang Teachers Oriented Menjadi Student Oriented. (Http://www.diktidepdiknas.co.id, diakses 13 Januari 2009)
Tarigan, Hendri Guntur, 1994. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa
Wahyu H. 2000. Meningkatkan Kemampuan Menulis Laporan Perjalanan Siswa Kelas VIII/8 SMP Negeri 7 Mataram Tahun Pelajaran 2008/2009 dengan Menggunakan Media Gambar. FKIP Unram, Mataram.. Penelitian Tindakan Kelas Tidak Dipublikasikan