Peningkatan Kemampuan Menulis Poster dengan Model ‘Resik’ Bermedia ‘Gadis’ Siswa Kelas VIIID SMPN 2 Mataram 2008/2009

Authors

Bambang Youiswanto Nurul Huda

DOI:

10.29303/kopula.v5i1.2727

Published:

2023-03-25

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2023): Maret

Keywords:

slogan, poster, model resik, media gadis

Articles

Downloads

How to Cite

Nurul Huda, B. Y. . (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Poster dengan Model ‘Resik’ Bermedia ‘Gadis’ Siswa Kelas VIIID SMPN 2 Mataram 2008/2009. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.29303/kopula.v5i1.2727

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar, penilaian sikap,  aktivitas guru dan siswa, dan respon siswa pada pembelajaran menulis poster menggunakan Resik bermedia ‘Gadis’. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK), meliputi rencana tindakan, pelaksanaan dan pengamatan tindakan, dan refleksi tindakan melalui dua siklus. Jenis data yang dikumpulkan adalah kualitatif dan kuantitatif yang bersumber dari guru dan siswa. Hasil analisis setiap siklus, hasil belajar siswa yang tuntas siklus I sebanyak 28 atau  70% sedangkan siklus II sebanyak 36 atau 90%. Nilai rata-rata siswa siklus I adalah 82 sedangkan siklus II adalah 86. Hasil penilaian sikap, siswa yang tuntas siklus I sebanyak 18 atau 45% sedangkan siklus II sebanyak 30 atau 75%. Nilai rata-rata siswa siklus I adalah 74 sedangkan siklus II adalah 79. Siswa yang dinyatakan tuntas atau memperoleh predikat  A dan B atau kualifikasi sangat baik dan baik pada siklus I berjumlah 18 atau 45% sedangkan siklus II berjumlah 30 atau 75%. Hasil observasi aktivitas guru positif muncul pada siklus I sebanyak 15 atau 94,5% sedangkan siklus II 18 atau 100%. Hasil observasi aktivitas siswa yang positif siklus I sebanyak 8 atau 73,4% sedangkan siklus II sebanyak 10 atau 100%, Hasil respon siswa yang positif pada siklus I sebanyak 4 atau 50% sedangkan siklus II sebanyak 8 atau 100%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis poster menggunakan model ‘Resik’ bermedia ‘Gadis’ pada siswa kelas VIIID  SMP Negeri 2 Mataram 2008/2009 berjalan dengan baik

References

Akhadiah, Sabarti, dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Hasanuddin. 2008. Upaya Meningkatkan Kompetensi Menulis Laporan Perjalanan dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Prosedi Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 2 Mataram. FKIP Unram, Mataram.. Penelitian Tindakan Kelas Tidak Dipublikasikan
Ibrahim, M., dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA University Press.
Imam dkk. 2004. Materi pelatihan terintegrasi kurikulum KBK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Keraf, Gorys. 1986. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.
Sampurno, Adi. 2003: Menulis: Modul Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Soedjadi, R. 2001. Pemanfaatan Realitas dan Lingkungan dalam Pembelajaran Matematika. Makalah, yang disampaikan pada Seminar Nasional RME di UNESA Surabaya, 24 Februari 2001.
Subana, M dan Sunarti, 1998. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Suradi, 2005. Interaksi Siswa SMP dalam Belajar Matematika Secara Kooperatif. Laporan Penelitian Disertasi, PPs UNESA Surabaya.
Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya . Surabaya. SIC
Tahmir, Suradi. 2008. Model Pembelajaran Resik sebagai Strategi Mengubah Paradigma Pembelajaran Matematika di SMP yang Teachers Oriented Menjadi Student Oriented. (Http://www.diktidepdiknas.co.id, diakses 13 Januari 2009)
Tarigan, Hendri Guntur, 1994. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa
Wahyu H. 2000. Meningkatkan Kemampuan Menulis Laporan Perjalanan Siswa Kelas VIII/8 SMP Negeri 7 Mataram Tahun Pelajaran 2008/2009 dengan Menggunakan Media Gambar. FKIP Unram, Mataram.. Penelitian Tindakan Kelas Tidak Dipublikasikan

License

Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.