JRP VOL.4 NO.1 MARET 2025 PENGARUH KUALITAS JASA DAN FASILITAS TERHADAP NIAT BERKUNJUNG KEMBALI KE LOMBOK UTARA DENGAN CITRA DESTINASI WISATA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Penulis

  • riki riki FEB UNRAM
  • weni retnowati FEB UNRAM
  • Lalu Adi Permadi FEB UNRAM

DOI:

https://doi.org/10.29303/jrp.v4i1.6604

Kata Kunci:

Service Quality, Facilities, Destination Image, Interest in Returning

Abstrak

ABSTRAKPenelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh kualitas jasa dan fasilitas Terhadap Niat Berkunjung Kembali dengan di mediasi Citra Destinasi Lombok Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Wisata Lombok Utara, sedangkan sampel dari penelitian ini sebanyak 100 pengunjung Wisata Lombok Utara dengan menggunakan teknik pengambilan purposive sampling. Jenis penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan SmartPLS 4 for Windows, dimana dilakukan uji validitas, uji realibilitas, uji Hipotesis, dan Efek Mediasi. Berdasarkan hasil analisis, semua variabel berpengaruh secara parsial yang dimana Kualitas Jasa dan Fasilitas berpengaruh terhadap Niat Berkunjung Kembali, citra destinasi wisata berpengaruh terhadap Niat Berkunjung Kembali, Kuliatas Jasa berpengaruh terhadap Citra Destinasi Wisata. Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan agar Lombok Utara dapat meningkatkan kualitas Jasa dan meningkatkan Fasilitas sehingga mengakibatkan meningkatnya Niat Berkunjung Kembali di Wisata Lombok Utara. ABSTRACTThis research is aimed at finding out the influence of the quality of services and facilities on intention to visit again with the mediation of Destination Image North Lombok. The population in this study were all tuorism spots of North Lombok Tourism visitors, while the sample for this study was 100 North Lombok Tourism visitors using purposive sampling techniques. This type of research is associative research. Data processing in this research used SmartPLS 4 for Windows, where validity tests, reliability tests, hypothesis tests and mediation effects were carried out. Based on the results of the analysis, all variables have a partial influence, namely the quality of services and facilities influences the interest in visiting again, the image of the tourist destination influences the interest in visiting again, the quality of services influences the image of the tourist destination. Based on these results, it is recommended that North Lombok can improve the quality of services and improve facilities, resulting in increased interest in returning to North Lombok Tourism..

Diterbitkan

2025-03-18