JPM VOL.3 NO 3 SEPT PERAN BUDAYA LOKAL DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN WISATAWAN DAN PERILAKU PASCA BERKUNJUNG KE DESA WISATA TETE BATU KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Penulis

  • liza aristina
  • Lalu Adi Permadi FEB UNRAM
  • weni retnowati FEB UNRAM

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Wisatawan, Perilaku Pasca Berkunjung, Local Culture, Service Quality, Tourist Satisfaction, Post-Visit Behavior

Abstrak

ABSTRAKDalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran budaya lokal dalam memediasi hubungan kualitas pelayanan, kepuasan wisatawan dan perilaku pasca berkunjung ke desa wisata Tete batu. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel 100 Responden yang mengunjungi Desa Wisata Tetebatu. Metode penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode analisis regresi linear berganda melalui software SPSS dan menggunakan dan menggunakan kalkulator sobel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) budaya lokal memediasi kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku pasca berkunjung ke Desa Wisata Tetebatu (2) budaya lokal memediasi tingkat kepuasan wisatawan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku pasca berkunjung ke Desa Wisata Tetebatu.Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Wisatawan, Perilaku Pasca BerkunjungABSTRACTThis research aims to determine the role of local culture in mediating connectionservice quality, tourist satisfaction and behavior after visiting the Tete Batu tourist village. This research uses an associative type of quantitative research. Data collection was carried out using a questionnaire with a sample size of 100 respondents who visited the Tetebatu Tourism Village. This research method uses a non-probability sampling technique with multiple linear regression analysis methods using SPSS software and using and using a Sobel test calculator. The results of the research show that (1) local culture mediates service quality and has a positive and significant influence on behavior after visiting the Tetebatu Tourism Village. (2) local culture mediates the level of tourist satisfaction and has a positive and significant influence on behavior after visiting the Tetebatu Tourism Village.Keywords: Local Culture, Service Quality, Tourist Satisfaction, Post-Visit Behavio

Diterbitkan

2024-09-02