JPM VOL.3 NO 3 SEPT PENGARUH ENDORSEMENT, VIRAL MARKETING, DAN DISKON HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA YUNARA STORE LOMBOK UTARA

Penulis

  • Yunara Ariani Universitas Mataram
  • muhammad mujahid dakwah FEB UNRAM
  • muhammad ilhamudin FEB UNRAM

Kata Kunci:

Endorsement (X1), Viral Marketing (X2), Diskon Harga (X3), Keputusan Pembelian (Y)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Endorsement, Viral Marketing, dan Diskon Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Yunara Store Lombok Utara. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 sampel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan seluruh data penelitian diolah menggunakan SPSS Statistic 24. Hasil pengujian dan analisis data statistik menunjukkan bahwa indikator dalam penelitian yang dilakukan dinyatakan valid di mana dalam uji asumsi klasik, data terdistribusi normal dan tidak terjadi multikolinearitas. Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas yakni Endorsement, Viral Marketing, dan Diskon Harga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel terikat yakni Keputusan Pembelian.   Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Endorsement, Viral marketing, Iklan This research aims to test and analyze the influence of endorsements, viral marketing and price discounts on purchasing decisions at the Yunara Store, North Lombok. The sample in this study amounted to 75 samples. The sampling technique in this research used a nonprobability sampling technique with a purposive sampling method. Data analysis in this research used multiple linear regression analysis and all research data was processed using SPSS Statistics 24. The results of testing and statistical data analysis showed that the indicators in the research carried out were declared valid where in the classical assumption test, the data was normally distributed and multicollinearity did not occur. The results of this research show that the three independent variables, namely Endorsement, Viral Marketing, and Price Discounts have a positive and significant influence on the dependent variable, namely Purchase Decisions.   Key Words : Purcahse Decision, Endorsement, Viral Marketing, Price Discount                      

Diterbitkan

2024-09-02