Vol 2 No.3 Sept PENGARUH HARGA PAKET, KUALITAS JARINGAN, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KARTU PRABAYAR TELKOMSEL DI DESA LABUHAN BONTONG KEC TARANO SUMBAWA

PENGARUH HARGA PAKET, KUALITAS JARINGAN, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KARTU PRABAYAR TELKOMSEL DI DESA LABUHAN BONTONG KEC TARANO SUMBAWA

Penulis

  • nelly septarini FEB UNRAM
  • rusdan rusdan FEB UNRAM
  • junaidi sagir FEB UNRAM

DOI:

https://doi.org/10.29303/jrp.v2i3.3282

Kata Kunci:

Harga Paket, Kualitas Jaringan, Promosi dan Kepuasan Pelanggan, Package Price, Network Quality, Promotion, and Customer Satisfaction

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Harga paket, Kualitas jaringan, dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan pada Kartu Prabayar Telkomsel di Desa Labuhan Bontong, Kecamatan Tarano, Sumbawa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna kartu prabayar telkomsel di Desa Labuhan Bontong dengan jumlah sampel sebanyak 105 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan metode  purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dengan menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Harga Paket, Kualitas Jaringan, dan Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti merekomendasikan kepada perusahaan untuk memperbaiki strategi penetapan harganya, memperhatikan daerah yang jaringan yang sering bermasalah, memberikan janji promosi sesuai dengan kenyataan di lapangan, memberikan banyak lagi bonus maupun hadiah-hadiah menarik, terus melakukan inovasi mengenai promosi maupun layanan, dan perusahaan harus berfokus untuk mengembangkan produknya agar tetap relevan dengan kebutuhan pasar. ABSTRACT This study aims to determine the effect of package price, network quality, and promotion on customer satisfaction with Telkomsel prepaid cards in Labuhan Bontong Village, Tarano District, Sumbawa. The type of research used is causal-associative research with a quantitative approach. The research data collection used a sample survey method. The population in this study were Telkomsel prepaid card users in Labuhan Bontong Village, with a sample size of 105 respondents, with sampling techniques using non-probability sampling and the purposive sampling method. The data analysis used is multiple linear regression using SPSS version 22. The analysis results show that package price, network quality, and promotion have a positive and significant effect on Telkomsel Prepaid Card customer satisfaction. Based on the research results, researchers recommend that companies improve their pricing strategies, pay attention to network areas that are often problematic, provide promotional promises that match the reality in the field, provide many more bonuses and attractive prizes, continue to innovate regarding promotions and services, and focus on developing their products to stay relevant to market needs.

Diterbitkan

2023-09-01