PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI KE DESA WISATA HIJAU BILEBANTE YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN WISATAWAN

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI KE DESA WISATA HIJAU BILEBANTE YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN WISATAWAN

Penulis

  • Didi Riadi FEB UNRAM
  • Lalu Adi Permadi FEB UNRAM
  • Weni Retnowati FEB UNRAM

DOI:

https://doi.org/10.29303/jrp.v2i2.2678

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Wisatawan,Minat Berkunjung Kembali., ServiceQuality, Tourist Satisfaction, Interest in Revisiting.

Abstrak

Abstrak: Penelitian inibertujuan untuk mengetahui lebih jauh tentang pengaruh kualitas pelayanan (X) terhadap minat berkunjung kembali (Y), pengaruh kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan wisatawan (Z) dan pengaruh kepuasan wisatawan (Z) terhadap minat berkunjung kembali(Y) ke Desa Wisata Hijau Bilebante. Responden pada penelitian ini berjumlah 100 wisatawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang dugunakan adalah sampel survey menggunakan angket dan online survey melalui kuesioner. Teknis analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asusmsi klasik, uji hipotesis dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali ke Desa wisata hijau Bilebante. (2) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan ke Desa wisata hijau Bilebante. (3) kepuasan wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali ke Desa wisata hijau Bilebante. Abstract: This study aims to find out more about the effect of service quality (X) on interest in revisiting (Y), the effect of service quality (X) on tourist satisfaction (Z), and the effect of tourist satisfaction (Z) on interest in revisiting (Y) at Bilebante Green Tourism Village. The respondents in this study amounted to 100 tourists. The type of research used is causal-associative with a quantitative approach. The data collection methods used are a sample survey using a questionnaire and an online survey through a questionnaire. The technical analysis used is descriptivestatistical analysis, classical assumption tests, hypothesis testing, and path analysis. The results of this study indicate that (1) service quality has a positive and significant effect on interest in visiting Bilebante's green tourism village. (2) Service quality has a positive and significant effect on tourist satisfaction in the Bilebante green tourism village. (3) Tourist satisfaction has a positive and significant effect on interest in visiting Bilebante's green tourism village.

Diterbitkan

2023-06-07