PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA DAN KAPABILITAS INOVATIF TERHADAP KEBERHASILAN PEMASARAN USAHA MIKRO, SENTRAL KERAJINAN INDUSTRI KAIN TENUN PRINGGASELA

PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA DAN KAPABILITAS INOVATIF TERHADAP KEBERHASILAN PEMASARAN USAHA MIKRO, SENTRAL KERAJINAN INDUSTRI KAIN TENUN PRINGGASELA

  • Sifak Qori Annisa FEB UNRAM
  • Baiq Handayani Rinuastuti FEB UNRAM
  • Akhmad Saufi FEB UNRAM

Abstrak

  ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh karakteristik wirausaha terhadap Keberhasilan Pemasaran Usaha Mikro, Sentral Kerajinan Industri Kain Tenun Pringgasela (2) Untuk mengetahui pengaruh kapabilitas inovatif terhadap Keberhasilan Pemasaran Usaha Mikro, Sentral Kerajinan Industri Kain Tenun Pringgasela. Metode penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Pengusaha UMKM kain tenun di kecamatan pringgasela berjumlah 60 pengusaha. Variable terikat dalam penelitian ini adalah Keberhasilan Pemasaran Usaha Mikro, Sentral Kerajinan Industri Kain Tenun Pringgasela sedangkan variable bebas dalam penelitian ini adalah karakterstik wirausaha dan kapalitas inovatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu sensus. Alat analisis data dalam penelitian ini menggunakan software SPSS versi 24. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Variabel karakteristik wirausaha mempunyai pengaruh yang positif tapi tidak signifikan terhadap keberhasilan pemasaran usaha mikro, sentral kerajinan industri kain tenun Pringgasela (2) Variabel karakteristik kapabilitas inovatif mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keberhasilan pemasaran usaha mikro, sentral kerajinan industri kain tenun Pringgasela. ABSTRACT The aims of this study were (1) to determine the effect of entrepreneurial characteristics on the marketing success of micro-enterprises, Pringgasela woven cloth industrial craft center (2) to determine the effect of inovatif capability on the marketing success of micro-enterprises, Pringgasela woven cloth industrial craft center. This research method used an associative method using a quantitative approach. The population in this study were 60 entrepreneurs in the woven fabric entrepreneurs in Pringgasela. The dependent variable in this study was the Marketing Success of Micro Enterprises, Pringgasela Woven Fabric Industrial Craft Center, while the independent variables in this study were entrepreneurial characteristics and innovative capacity. The data collection method used was census. The data analysis tool in this study used SPSS software version 24. The conclusions in this study were (1) Variable entrepreneurial characteristics have a positive but not significant influence on the success of marketing micro-enterprises, the center of the Pringgasela woven fabric craft industry (2) Variable characteristics of innovative capabilities have a positive and significant influence on the success of micro-enterprise marketing, the center of the Pringgasela woven fabric craft industry.
Diterbitkan
2023-06-07