PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINIMARKET ALFAMART MATARAM JL. PEMUDA, GOMONG, KECAMATAN SELAPARANG

Penulis

  • Elishabet Kosamah FEB UNRAM
  • Rusdan Rusdan FEB UNRAM
  • Lalu Muhamad Furkan FEB UNRAM

DOI:

https://doi.org/10.29303/jrp.v2i1.2363

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Lokasi dan Keputusan Pembelian, Service Quality, Perceived Price, Location and Purchase Decision

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Minimarket Alfamart Mataram Jl. Pemuda,Gomong, Kec. Selaparang. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah melakukan pembelian di Alfamart di Mataram. Dalam penelitian ini terdapat 100 sampel, dan non-probability sampling dengan metode purposive sampling digunakan untuk pengambilan sampel. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda digunakan. Program SPSS versi 25 digunakan untuk teknik analisis data. Penelitian ini menemukan bahwa keputusan pembelian Minimarket Alfamart Jl Mataram dipengaruhi secara positif oleh kualitas pelayanan. Kec, pemuda, dan Gomong Selaparang. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t yang menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,480 <1,985) dan tingkat signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,015< 0,05), serta hasil multipel pengujian regresi linier, diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,128. Hasil pengujian regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian minimarket Alfamart Mataram Jl.pemuda, gomong, dan kec.selaparang. Uji t juga menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel (7,394< 1,985) dan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 > 0,05). Terakhir, variabel lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian minimarket Alfamart Mataram Jl.pemuda, gomong, kec.selaparang. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengujian regresi linier berganda yang menghasilkan nilai koefisien regresi sebesar 0,440. Selain itu, uji t menghasilkan nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel (7,722< 1,985) dan tingkat signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 (0,000>0,05   Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Lokasi dan Keputusan Pembelian   ABSTRACT The purpose of this study was to determine service quality, price perception, location on purchasing decisions Minimarket Alfamart Mataram Jl. pemuda, Gomong, Selaparang District All consumers who have made purchases at Alfamart Mataram are the study population. There were 100 samples in this study, and the sampling technique using non-probability sampling with purposive sampling method was used for sampling. Multiple linear regression method was used for analysis. Data analysis techniques were performed using SPSS version 25 software. Service quality has a positive effect on purchasing decisions for Minimarket Alfamart Jl Mataram according to this study. Gomong Selaparang, Pemuda, and Kec. The results of the t test showed that the calculated t value was greater than t table (2.480<1.985) and the significance level was greater than 0.05 (0.015<0.05), as well as the results of multiple linear regression testing which shows that the coefficient value obtained for the regression is 0.128, both of which lead to this conclusion. The decision to purchase the Alfamart Mataram minimarket Jl.pemuda, gomong, and kec.selaparang is significantly influenced by the price perception variable based on the results of multiple linear regression. In addition, the t test reveals that the t value exceeds t table (7.394 <1.985) and the significance level is below 0.05 (0.000 > 0.05). Lastly, the decision to purchase the Alfamart Mataram minimarket Jl.pemuda, gomong, and kec.selaparang is significantly influenced by location variables. The fact that multiple linear regression testing gives results with a regression coefficient of 0.440 shows this. In addition, the value of t arithmetic t test is greater than t table (7.722 <1.985) and the significance level is less than 0.05 (0.000 > 0.05).                                                                                                                                          Keywords: Service Quality, Perceived Price, Location and Purchase Decision  

Diterbitkan

2023-03-03