JRP VOL.4 NO.1 MARET 2025 PENGARUH LABEL HALAL DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH DI LOMBOK TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.29303/jrp.v4i1.6606Kata Kunci:
Keputusan Pembelian, Label Halal, Citra Merek, Purchase Decision, Halal Label, Brand ImageAbstrak
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Label Halal dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 sampel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobality sampling dengan metode purposive sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda seluruh data penelitian diolah menggunakan SPSS Statistic 25. Hasil pengujian dan analisis data statistik menunjukkan bahwa indikator dalam penelitian yang dilakukan dinyatakan valid dimana dalam uji asumsi klasik, data terdistribusi normal dan tidak terjadi multikolonearitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Label Halal dan Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadapa Keputusan Pembelian. Berdasarkan uji t pada variabel Label Halal (X1) diketahui bahwa t hitung 3,818 >t tabel 1.66071dengan nilai sig<0,05 yaitu 0,000<0,05. Berdasarkan uji t pada variabel Label Halal (X1) diketahui bahwa t hitung 3,818 >t tabel 1.66071dengan nilai sig<0,05 yaitu 0,000<0,05. Berdasarkan uji t pada variabel Citra Merek (X2) diketahui bahwa t hitung 8,332>t tabel 1.6607 dengan nilai sig<0,05 yaitu 0,000<0,05.ABSTRACTThis research aims to test and analyze the influence of the Halal Label and Brand Image on Purchasing Decisions for Wardah Cosmetic Products. The sample in this research consisted of 100 samples. The sampling technique in this research used a non-probability sampling technique with a purposive sampling method. Data analysis in this study used multiple linear regression analysis. All research data was processed using SPSS Statistics 25. The results of testing and statistical data analysis showed that the indicators in the research carried out were declared valid, where in the classical assumption test, the data was normally distributed and multicollinearity did not occur. The results of this research show that the Halal Label and Brand Image have a positive and significant effect on Purchasing Decisions. Based on the t test on the Halal Label variable (X1), it is known that t count is 3.818 > t table 1.66071 with a sig value <0.05, namely 0.000 <0.05. Based on the t test on the Halal Label variable (X1), it is known that t count is 3.818 > t table 1.66071 with a sig value <0.05, namely 0.000 <0.05. Based on the t test on the Brand Image variable (X2), it is known that t count is 8.332> t table 1.6607 with a sig value <0.05, namely 0.000 <0.05.