PENGARUH KEMASAN, KUALITAS PRODUK, DAN LABEL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI BUBUK TELAPEN DI DESA KARANG SIDEMEN KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Authors

  • Alvira Paradita Universitas Mataram
  • Baiq Handayani Rinuastuti FEB UNRAM

DOI:

https://doi.org/10.29303/jrp.v4i2.5064

Keywords:

Kemasan, Kualitas Produk, Label, Keputusan Pembelian, Packaging, Product Quality, Label, Purchase Decision

Abstract

ABSTRAK             Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kemasan, kualitas produk, dan label terhadap keputusan pembelian kopi bubuk Telapen di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah.             Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah konsumen kopi bubuk Telapen, dimana jumlah populasinya tidak diketahui. Sampel penelitian sebanyak 80 responden dan diambil dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian, sedangkan variabel bebasnya adalah kemasan, kualitas produk, dan label. Analisis data digunakan dengan metode regresi linier berganda.             Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemasan, kualitas produk, dan label berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kopi bubuk Telapen. Faktor kemasan, kualitas produk, dan label mempunyai pengaruh sebesar 95,9% terhadap keputusan pembelian kopi bubuk Telapen, sedangkan sisanya 4,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2025-05-23